Espargaro Blunder, Quartararo Dominan di MotoGP Catalunya 2022

Fabio Quartararo dominan di MotoGP Catalunya 2022 dan Aleix Espargaro melakukan blunder sehingga kehilangan podium

Espargaro Blunder, Quartararo Dominan di MotoGP Catalunya 2022
Photo: Twitter

TRENOTO – Fabio Quartararo berhasil mengamankan podium tertinggi di sirkuit Barcelona. Berkat Quartararo dominan di MotoGP Catalunya 2022, Ia tetap kokoh di pucuk klasemen sementara.

Quartararo meraih kemenangan keduanya mengalahkan para pebalap tuan rumah di Barcelona. Pesaing terbesarnya yakni Francesco Bagnaia terseret insiden yang disebabkan Takaaki Nakagami.

Nakagami juga membuat Alex Rins terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Kejadian di awal lap pertama memberikan harapan bagi dua pembalap Pramac Ducati yakni Jorge Martin dan Johann Zarco.

Jalannya Lomba MotoGP Catalunya 2022

Memulai start dari posisi terdepan Aleix Espargaro sejatinya sudah melakukan upaya terbaik. Namun jelang masuk tikungan pertama, Quartararo melakukan pengereman sangat dekat atau dikenal late braking.

Hal tersebut membuat Quartararo langsung memimpin jalannya lomba dan segera menjauh. Perlahan namun pasti pria asal Perancis tersebut membuat jarak dengan pembalap di belakangnya.

Photo : Twitter

Setelah Bagnaia, Rins dan Nakagami terjatuh, duo rider Pramac Ducati mulai memberikan tekanan pada Espargaro. Bahkan penunggang Aprila Racing tersebut sempat disalip oleh Martin yang mengandalkan tenaga buas Ducati Desmosedici GP21.

Namun Espargaro juga tampil di depan para pendukungnya tidak tinggal diam. Ia kembali mengambil posisi kedua dari Martin dengan memanfaatkan slip streaming.

Pada barisan tengah dihuni beberapa pembalap dengan jarak cukup rapat. Mulai dari Luca Marini, Joan Mir, Pol Espargaro, Enea Bastianini, Maverick Vinales, Fabio di Giannatonio hingga duo KTM yaitu Brad Binder dan Miguel Oliveira.

Setelah beberapa lap beberapa pembalap terpisah menjadi grup berbeda. Mir yang berhasil menyalip Marini mulai memisahkan diri dari barisan.

Duo pembalap tim Gresini Racing terjatuh karena kehilangan grip ban depan. Insiden tersebut membuat Vinales lebih leluasa tanpa pesaing di dekatnya.

Karena kedua pembalap KTM saling bersaing hingga Oliveira sempat melebar. Mereka juga mulai kehilangan momentum untuk mengejar kompetitor di depannya.

Aleix Espargaro melakukan blunder memalukan karena dirinya merayakan posisi keduanya saat balapan menyisakan 1 putaran lagi. Walhasil tempat kedua dihuni Martin dan diikuti Zarco.

Photo : Twitter MotoGP

Sementara Quartararo yang baru saja memperpanjang kontrak bersama Yamaha finish pertama dengan jarak 6 detik dari pesaing di belakangnya. Hasil ini membuat dirinya semakin kokoh di puncak klasemen berdasarkan raihan 147 poin.

Berikut hasil MotoGP Catalunya 2022

  1. Fabio Quartararo
  2. Jorge Martin
  3. Johann Zarco
  4. Joan Mir
  5. Aleix Espargaro
  6. Luca Marini
  7. Maverick Vinales
  8. Brad Binder
  9. Miguel Oliveira
  10. Alex Marquez
  11. Remy Gardner
  12. Dayyrn Binder
  13. Franco Morbidelli
  14. Jack Miller
  15. Raul Fernandez
  16. Michele Pirro
  17. Pol Espargaro

Artikel Terkait