F1 GP Rusia 2022 Akhirnya Dibatalkan

F1 GP Rusia 2022 dibatalkan setelah melihat dan menimbang banyaknya protes dan sekaligus berharap kejadian segera selesai

F1 GP Rusia 2022 Akhirnya Dibatalkan
Photo: istimewa

TRENOTO – Setelah mendapat ancaman boikot dari beberapa pebalap, akhirnya diputuskan F1 GP Rusia 2022 dibatalkan dari jadwalnya musim ini. Sejatinya balapan di sirkuit Sochi akan digelar pada 25 September mendatang.

Agresi militer Rusia terhadap Ukraina menjadi penyebab utama batalnya gelaran F1 di sana. Menyelenggarakan balapan di negara yang tengah menjalankan peperangan sangat tidak memungkinkan.

Situasi kedua negara saat ini tengah mencekam setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memutuskan untuk berperang. Serangan roket bertubi-tubi menghantam dan tentunya memakan korban jiwa.

“Kejuaraan dunia FIA Formula 1 World Championship mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang, menyatukan bangsa,” tulis pihak F1 dalam laman resminya.

Situasi Ukraina yang terus-menerus mendapat serangan dari Rusia sangat menyayat hati. Harapannya aksi keji tersebut cepat berlalu sehingga tidak memakan korban lebih banyak lagi.

“Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan dan harapan, untuk penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi saat ini,” tulisnya kemudian.

Seperti diwartakan sebelumnya bahwa para pebalap mengutarakan isi pikirannya terhadap peristiwa ini. Sebastian Vettel dari tim Aston Martin dengan tegas menolak balapan di Sochi jika masih terjadi perang.

Photo : Youtube Aston Martin

Aksi Vettel juga didukung oleh Max Verstappen yang juga menolak balapan di Rusia. Akhirnya pihak FIA dan Formula 1 menyimpulkan bahwa F1 GP Rusia 2022 dibatalkan.

Agresi militer yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina mendapat sorotan dari banyak pihak di dunia. Tindakan Rusia dikecam banyak pihak dan berbuntut panjang.

Selain ajang balap mobil Formula 1, gelaran Final Liga Champions 2022 juga tidak jadi menggunakan venue di Saint Petersburg. Final Liga Champions 2022 akan digelar di Paris, Perancis.

“Pada Kamis sore (waktu setempat) Formula One, FIA dan tim berdiskusi seperti apa tindakan kami. Hasilnya setelah beberapa pertimbangan, maka diputuskan mustahil menggelar GP Rusia di kondisi saat ini,” pernyataan resmi F1.

F1 GP Rusia sudah menggelar balapan mobil single seater tersebut sejak 2014. Lewis Hamilton merupakan pebalap pertama yang menang di Sochi Autodrom.

 

Artikel Terkait