Formula E 2022 Ancol Habiskan Dana Rp100 Miliar

Formula E 2022 Ancol akan menghabiskan dana sebesar Rp100 miliar untuk memenuhi pembangunan jalur dan tribun penonton

Formula E 2022 Ancol Habiskan Dana Rp100 Miliar
Photo: Antara

TRENOTO – Ancol telah diresmikan sebagai sirkuit balap Formula E 2022 dengan nama Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Hal ini diputuskan oleh Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Penentuan lokasi sirkuit untuk ajang balap mobil listrik formula tersebut cukup berliku. Menjadi ramai karena Monas dipastikan tidak bisa menjadi lokasi balapan.

“Baru tadi pagi (kemarin) diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah Ancol,” ucap Ahmad Sahroni, Ketua Pelaksana atau Organizing Committe (OC) Formula E seperti dikutip Antara.

JIEC memiliki desain yang disebut mirip ikon khas Indonesia dan memiliki panjang lintasan 2.4 kilometer. Sementara lebarnya 12 meter dan saat ini masih terdapat beberapa lubang.

“Filosofi kuda lumping adalah nasional, terus masalah ikonik Jakarta di sebelah kanan ada Jjakarta International Stadium, stadion berkelas internasional yang megah sebagai The New Iconic Jakarta,” kata Widi Amanasto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo.

Ancol dipilih sebagai lokasi balapan karena disebutkan di atas merupakan ikon kota Jakarta. Sementara sejak awal sudah dikatakan, gelaran Formula E haruslah di tengah kota dan menunjukkan ikon dari kota penyelenggara.

Photo : Antara

Lalu Ancol sendiri dikenal sebagai kawasan wisata yang sangat populer di Jakarta. Pada saat akhir pekan, kawasan ini selalu dipadati oleh pengunjung.

Pada gelaran Formula E 2022, kawasan Ancol disebutkan akan diatur sedemikian rupa agar tidak tetap nyaman untuk semua pihak. Penentuan lokasi juga dikatakan sudah melewati serangkaian kajian mendalam.

“Tertutup untuk pelaksanaannya pada satu hari tanggal 4 Juni 2022,” jelas Sahroni.

Penunjukkan Ancol sebagai sirkuit balap bukanlah hal mengejutkan karena kawasan tersebut pernah menjadi lokasi balap pada zaman dahulu. Hal ini membuat kenangan lama akan terulang kembali.

“Jadi tahun terakhir balapan itu 1990, dan dimulai pada 1970. Arealnya dari sini (Pantai Karnaval) sampai gerbang Timur. Ancol ditunjuk sebagai lokasi E-Prix akan mereview pengalaman nostalgia balap mobil di sini,” ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Gelaran Formula E 2022 Ancol dikatakan akan menyedot dana sebesar Rp100miliar. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan jalur hingga tribun penonton.

Artikel Terkait