Formula E 2022 Dikawal IMI dan Diawasi KPK

Ajang Formula E akan digelar di Indonesia pada 4 Juni 2022, penyelenggaraannya akan dibantu oleh IMI dan diawasi KPK

Formula E 2022 Dikawal IMI dan Diawasi KPK
Photo: IMI

TRENOTO – Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengutus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo guna memimpin balap Formula E.

Bamsoet panggilan akrabnya akan didampingi oleh Sekjen IMI yakni Ahmad Sahroni dalam menangani ajang balap mobil listrik single seater tersebut. Adapun balapan sendiri akan diselenggarakan pada Juni 2022.

Melalui pertemuan yang dihadiri Alberto Longo, Co-founder Formula E dan Direktur Utama PT Jakpro Widi Amanasto, Bamsoet didaulat menjadi ketua pelaksana sedangkan Sahroni akan menjadi ketua panitia pengarah.

“Formula E nanti akan diselenggarakan sebagai sebuah kolaborasi. Akan ada steering committee yang dipimpin langsung pak Bambang Soesatyo, lalu ada organizing committee yang dipimpin pak Sahroni dan operasional pelaksanaan akan dikerjakan Jakpro,” kata Anies seperti dikutip Antara.

Dikatakan bahwa event yang akan dihelat pada 4 Juni 2022 sudah memasuki tahap persiapan. Adapun persiapannya dikatakan sudah berjalan dengan baik.

Kolaborasi dengan IMI, Anies berharap ajang balap Formula E nantinya berjalan lancar. IMI dianggap sudah memiliki pengalaman menggelar event otomotif.

Photo : IMI

“Jadi ini adalah kegiatan kita bersama-sama melakukan kolaborasi dan di bawah arahan yang disiapkan pak Bambang dan seluruh jajaran IMI. Lalu kerjasama dengan Formula E Operation (FEO), kami percaya dengan penyelenggaraan sebagai sebuah kolaborasi Insya Allah berjalan dengan baik,” tuturnya kemudian.

Dikatakan dengan adanya kegiatan Formula E pada 2022, Anies menaruh harapan untuk bisa mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Indonesia sudah bangkit. Selain itu Indonesia juga siap menjadi bagian dari dunia global dan setara dengan negara-negara lainnya.

Optimisme Gubernur DKI Jakarta tersebut disambut baik oleh co-founder Formula E yakn Alberto Longo. Balapan mobil listrik di Indonesia akan menjadi yang pertama di Indonesia dan berjalan dengan baik.

“Saya sangat senang dengan pengumuman yang dibuat oleh bapak gubernur serta adanya pembentukan komite dan juga Jakpro. Saya pastikan bahwa Formula E akan menjadi yang sukses dalam sejarah,” kata Alberto.

Formula E juga akan menyasar kota-kota iconic dunia, diantara Diriyah Saudi Arabia, Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul.

Dikawal KPK

IMI sebagai salah satu penyelenggara Formula E akan melakukan audiensi dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Nantinya lembaga rasuah tersebut akan mengawasi perhelatan Formula E dari awal hingga akhir.

“Jakarta E-Prix 2022 bukan saja kebanggaan warga DKI Jakarta. Melainkan juga harus menjadi kebanggaan warga Indonesia. Selain bisa membantu memulihkan perekonomian rakyat, juga bisa menjadi momentum tepat untuk mensosialisasikan penggunaan mobil listrik di Tanah Air,” kata bamsoet.

Artikel Terkait