Hadi Tjahjanto akan Pimpin Persiapan MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika yang akan diselenggarakan pada Maret 2022 akan dipimpin langsung oleh Hadi Tjahjanto sebagai Komandan Lapangan

Hadi Tjahjanto akan Pimpin Persiapan MotoGP Mandalika 2022
Photo: Antara

TRENOTO – Presiden Joko Widodo secara resmi menunjuk Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto untuk menjadi Komandan Lapanagan pada ajang MotoGP 2022. Hadi diberikan tugas untuk melancarkan ajang MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB.

Hal ini diketahui melalui akun Instagram Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Dalam unggahannya, Ia berfoto dengan mantan Panglima TNI tersebut.

Dalam pertemuannya, keduanya membahas persiapan sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah MotoGP pada Maret 2022.

“Sebagai wujud dari gerak cepat dan gerak bersama (Gercep dan Geber), sore tadi saya bertemu dengan bapak Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto yang baru saja ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022,” tulisnya Sandiaga Uno.

Ia lalu mengatakan bahwa ajang MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan event berkelas internasional dan bisa memicu kebangkitan ekonomi Indonesia.

MotoGP sendiri dikatakan sebagai ajang dengan banyak penggemar tersebar di seluruh dunia. Para pebalap kelas dunia akan datang ke Indonesia untuk beraksi di sirkuit jalanan tersebut.

Melihat kemungkinan tersebut, berbagai persiapan harus dilakukan guna mendukung suksesnya ajang MotoGP di Mandalika Maret 2022.

Photo : MotoGP

“Perlu ada treatment khusus, kerjasama seluruh pihak termasuk serta melibatkan masyarakat sekitar, demi terciptanya lapangan pekerjaan,” tulisnya kemudian.

Rencananya dalam beberapa bulan ke depan, Pemerintah akan terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Sirkuit Mandalika juuga terus dilakukan penyempurnaan guna bisa memaksimalkan potensi.

“Dalam jangka waktu 3 bulan ke depan, kami bersepakat untuk terus berkoordinasi, mengevaluasi dan menyelesaikan setiap tahap persiapan yang ada agar tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” jelasnya kemudian.

Seperti diketahui bahwa MotoGP Mandalika akan digelar pada 18 – 20 Maret 2022. Sementara itu Dorna Sports selaku pemegang otoritas balapan kelas dunia tersebut juga menempatkan Mandalika sebagai tuan rumah WSBK pada 11 – 13 November 2022.

Berdasarkan beberapa kejadian yang dialami pada penyelenggaraan WSBK 2021 pada November silam, beberapa upaya pembenahan akan dilakukan. Perbaikan meliputi akses keluar – masuk, pedestrian dan saluran drainase di sekitar sirkuit.

Artikel Terkait