Hasil MotoGP Belanda 2022 : Bagnaia Menang, Quartararo Apes

MotoGP Belanda 2022 menorehkan beberapa catatan penting yakni podium pertama bagi Vinales dan Bezzecchi

Hasil MotoGP Belanda 2022 : Bagnaia Menang, Quartararo Apes
Photo: Twitter

TRENOTO – MotoGP Belanda 2022 diwarnai beberapa catatan menarik dan salah satunya adalah kemenangan yang diraih Francesco Bagnaia. Peraih pole position tersebut berhasil mendominasi jalannya lomba dari awal hingga akhir.

Catatan menarik pada MotoGP Belanda 2022 tertuju untuk podium pertama Maverick Vinales semenjak berseragam Aprilia. Mantan pembalap Yamaha tersebut baru merasakan kerja kerasnya selama ini.

Lalu yang tidak kalah menarik adalah podium pertama bagi anak didik Valentino Rossi selain Bagnaia yakni Marco Bezzecchi. Pembalap tim Mooney VR46 Racing tersebut menempati posisi kedua race sore tadi.

Photo : twitter

Dan kejadian paling mengenaskan adalah terjatuhnya Fabio Quartararo. Bahkan sang juara bertahan terjatuh sebanyak dua kali.

Jalannya MotoGP Belanda 2022

Memulai balapan dari posisi terdepan, Bagnaia melakukan start yang baik dan langsung memimpin lomba. Sementara Quartararo melebar dan posisinya diambil alih Aleix Espargaro.

Barisan terdepan pembalap sebenarnya diramaikan beberapa rider Ducati seperti Jorge Martin, Jack Miller dan Bezecchi. Namun Miller harus menjalani hukuman long lap penalty sehingga posisinya melorot.

Quartararo tidak ingin kehilangan momen meskipun menggunakan kompon hard pada belakang, tetap tampil agresif. Ia mulai memberikan tekanan pada Espargaro di depannya.

Pada lap ke-5 Quartararo mencoba menyalip Espargaro namun ban depannya kehilangan grip. Ia juga menyeret Espargaro sehingga keluar lintasan.

Espargaro tercecer ke urutan 15 sedangkan Quartararo ke-23. Sayangnya juara dunia MotoGP 2021 tersebut kembali terjadi pada lap 10.

Pemilik nomor start 20 tersebut mengalami highside sehingga tidak bisa melanjutkan balapan. Ia terpaksa harus menjadi penonton di sirkuit Assen, Belanda.

Photo : Twitter

Yamaha kurang beruntung pada MotoGP Belanda 2022 karena tiga pembalapnya harus menyudahi balapan lebih cepat. Tercatat Franco Morbidelli dan Darryn Binder juga terjatuh dan tidak bisa mengalami lomba.

Bagnaia yang sejak awal berada di barisan terdepan melintasi garis finish di posisi terdepan tanpa perlawanan berarti. Posisi kedua dihuni Bezzecchi dan diikuti Vinales.

Photo : Twitter

Aleix Espargaro sempat tercecer ke urutan 15 akhirnya menyudahi balapan di posisi keempat. Aksi heroiknya mendapat banyak pujian dari banyak orang.

Berikut hasil MotoGP Belanda 2022

  1. Francesco Bagnaia Ducati Lenovo
  2. Marco Bezzecchi Mooney VR46 Racing
  3. Maverick Vinales Aprilia Racing
  4. Aleix Espargaro Aprilia Racing
  5. Brad Binder KTM Factory
  6. Jack Miller Ducati Lenovo
  7. Jorge Martin Pramac Ducati
  8. Joan Mir Suzuki Ecstar
  9. Miguel Oliveira KTM Factory
  10. Alex Rins Suzuki Ecstar

Artikel Terkait