Jalani Balapan Terakhir, Valentino Rossi Dapat Trofi Spesial

Valentino Rossi menjalani balapan terakhirnya di Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino dengan suasana emosional

Jalani Balapan Terakhir, Valentino Rossi Dapat Trofi Spesial
Photo: MotoGP

TRENOTO – Valentino Rossi menjalani balapan terakhirnya di Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino. Memulai dari baris paling belakang, Rossi menyudahi balapan di posisi 10.

Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021 sendiri menjadi catatan manis bagi Marc Marquez. Pebalap tim Repsol Honda tersebut berhasil memenangkan lomba yang digelar sebanyak 27 putaran.

Hasil manis ini didapatkannya setelah Francesco Bagnaia mengalami insiden 4 putaran sebelum finish. Jatuhnya Bagnaia tidak hanya memberikan jalan bagi kemenangan Marquez, namun membuat Fabio Quartararo bisa mengunci gelar juara dunia.

Valentino Rossi Dapat Trofi Spesial

Pebalap berjuluk The Doctor ini tampil dihadapan para penggemar setianya. Lautan kuning mewarnai kursi penonton di sirkuit Misano.

Selain pestanya Marquez sebagai pemenang balapan dan Fabio yang berhasil mengunci gelar juara dunia, Rossi juga merayakan balapan terakhirnya di sirkuit dekat kediamannya.

Misano selalu spesial bagi Rossi karena merupakan balapan kandangnya. Meskipun hanya finish ke-10, Rossi tetap mendapatkan sambutan hangat dari para penggemar setianya.

Pebalap tim Petronas Yamaha SRT tersebut mendapat sambutan bak seorang pemenang lomba. Usai balap, Rossi menghampiri para penggemarnya dan disambut dengan meriah.

Photo : MotoGP

Seluruh atribut berwarna kuning menghiasi tribune Grand Stand VR46. Atas sambutannya tersebut, Rossi memberikan helm dengan desain barunya kepada salah satu penonton.

Tidak hanya penggemar, sejak ajang Moto2 bergulir sudah terlihat beberapa ucapan penghormatan bagi sang legenda hidup. Tim Sky VR46 milik Rossi menggunakan livery khusus dengan tulisan Grazie Vale (Terima Kasih Vale).

Keputusan Rossi untuk pensiun pada akhir musim ini, membuat suasana di Misano semakin emosional. Tidak hanya helm, Ia juga melemparkan sarung tangan yang digunakan kepada penggemarnya yang beruntung.

“Ini adalah cara terbaik untuk mengucapkan ciao kepada semua penonton. Atmosfer hari ini sangat hebat, matahari dan lintasan penuh dengan fans. Saya menikmatinya setelah balapan dan sangat bahagia,” kata Rossi usai balapan.

Rossi yang biasanya tidak menyukai kejutan, dibuat terharu dengan semua yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya. Rossi masih menyisakan dua balapan tersisa di MotoGP 2021, setelah itu, dirinya akan pensiun dan segera menjadi bapak.

Valentino hingga ini sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia. Tujuh diantaranya merupakan gelar juara dunia di kelas MotoGP.

Rossi menjadi satu-satunya pebalap yang bisa mendapatkan gelar juara dunia dari tiga kapasitas mesin berbeda yakni 500 cc (2-tak), 990 cc dan 800 cc.

Artikel Terkait