Joan Mir Bakal Pakai Sasis Baru di Sisa Musim MotoGP 2021

Joan Mir mengatakan sasis barunya bisa meningkatkan performa motornya dan akan digunakan pada sisa musim MotoGP 2021

Joan Mir Bakal Pakai Sasis Baru di Sisa Musim MotoGP 2021
Photo: MotoGP

TRENOTO – Joan Mir mengaku sasis baru Suzuki GSX-RR 2022 bisa digunakan pada sisa musim MotoGP 2021. Pembalap asal Spanyol tersebut merasa frame barunya bisa membuat performa motornya meningkat.

Seperti diketahui bahwa seluruh tim terlibat pada sesi tes pramusim tengah pekan ini di sirkuit Misano. Salah satunya tim Suzuki Ecstar yang juga mengembangkan motor dengan komponen-komponen baru.

Sesi tes ini dilakukan sejak Selasa hingga Kamis kemarin (23/09), tim Suzuki Ecstar mencoba mesin dan sasis 2022. Setelah melakukan evaluasi, sang juara bertahan merasa positif dengan sasis barunya.

Aturan MotoGP sendiri melarang seluruh tim melakukan ubahan pada mesin hingga akhir musim. Namun dalam aturan tersebut tidak tertera adanya larangan melakukan ubahan pada sasis.

Ubahan pada sasis bisa dilakukan asalkan tidak melakukan rombakan pada mesin. Artinya tim yang ingin mengubah sasis harus cocok alias plug and play dengan mesin.

“Saya senang karena kami mencoba mesin 2022 kemarin lalu sasis. Sasis baru ini mungkin bisa berguna untuk balapan terakhir musim ini, karena hasilnya cukup positif,” ucap Mir seperti dikutip Crash.

Photo : MotoGP

Menurutnya sasis baru tersebut cukup baik performanya, terutama dalam membantu sektor pengereman. Namun dirinya mengatakan tetap harus ada sisi negatifnya menggunakan sasis ini.

“Normalnya ketika Anda mendapatkan sesuatu yang positif, Anda akan kehilangan sesuatu. Jadi sekarang kami harus bekerja lebih keras pada motor untuk mendapatkan hasil lebih baik,” jelasnya kemudian.

Dikatakan oleh rekan satu tim Alex Rins ini bahwa dengan sasis baru, motor bisa melakukan pengereman lebih baik. Selain itu, mereka juga bisa melakukan akselerasi lebih baik.

Sasis baru Suzuki GSX-RR dirasakan selama 10 lap oleh Mir. Ia juga menggunakan ban kompon soft dan merasa bisa sangat kompetitif dengan kombinasi tersebut.

“Soal mesin kami harus bekerja lebih keras pada sektor elektronik untuk melihat potensi maksimalnya. Namun saat ini kami sudah merasa sedikit lebih bertenaga dan karakternya masih terbilang sama dengan ciri khas Suzuki,” komentar Mir tentang mesin barunya.

Pada saat sesi tes, Rins hanya menjadi pembalap tercepat ke-15. Namun pembalap dengan nomor start 36 tersebut sudah cukup positif dengan masa depannya di Suzuki musim depan.

Artikel Terkait