Jonathan Rea Menang Dua Kali di WSBK Mandalika, Yamaha Pesta Pora

Pebalap Kawasaki Jonathan Rea meraih dua kemenangan di WSBK Mandalika namun gelar juara dunia berpindah ke Toprak

Jonathan Rea Menang Dua Kali di WSBK Mandalika, Yamaha Pesta Pora
Photo: Antara

TRENOTO – Jonathan Rea berhasil meraih dua kemenangan di ajang WSBK Mandalika akhir pekan kemarin. Pebalap asal Irlandia tersebut mengalahkan saingan terdekatnya yakni Toprak Razgatlioglu dari tim Yamaha.

Pebalap Kawasaki Racing Team tersebut keluar sebagai pemenang dalam dua race yang digelar pada Minggu (21/11/2021). Pengguna nomor start 1 tersebut tidak melenggang mulus untuk meraih kemenangan.

Saat balapan berlangsung, Jonathan mendapat perlawanan dari Scott Redding dan Toprak di kedua race. Pada race pertama, Toprak hanya mampu finish kedua di belakang sang juara dunia bertahan.

Namun hasil tersebut sudah mampu membuat dirinya merebut gelar juara dunia Superbike 2021. Toprak juga menjadi pebalap Turki pertama yang menjadi juara dunia WSBK.

Atas hasilnya tersebut, Toprak juga memutus rentetan gelar juara dunia yang telah enam kali diraih oleh Jonathan bersama Kawasaki. Setelah diumumkan sebagai juara dunia, Jonathan langsung mengubah nomor startnya dari 1 menjadi 65.

Pada race kedua, Jonathan kembali tampil beringas. Meskipun balapannya sendiri sempat tertunda karena kembali dilanda hujan.

Setelah kondisi cuaca mulai membaik, balapan kembali berlangsung. Hanya saja jumlah putarannya dipangkas dari 21 menjadi 12 saja.

Photo : Antara

Balapan dengan kondisi basah bukan merupakan hal yang disenangi oleh Toprak. Juara dunia baru tersebut terbukti kewalahan saat lomba meskipun memulainya dari barisan paling depan.

Walhasil pada race kedua, hanya Jonathan dan Scott yang mendominasi barisan terdepan. Keduanya saling bersaing untuk mendapatkan posisi terdepan di akhir lomba.

Ketenangan yang dimiliki pebalap Kawasaki tersebut membawanya ke podium tertinggi di akhir lomba. Posisi kedua dihuni Scott Redding bersama Ducati dan ketiga ada Van der Mark dari BMW Motorrad.

Van der Mark menggusur Toprak dari podium ketiga pada balapan terakhir di musim ini. Sementara posisi kelima di tempati oleh Tom Sykes dengan BMW M 1000 R dan menjadi penampilan terakhirnya di Superbike.

Toprak yang berhasil menjadi juara dunia baru WSBK 2021, kian populer namanya di ajang balap motor. Ia juga berhasil menghapus dahaga Yamaha dari gelar juara di WSBK.

Terakhir kalinya Yamaha meraih gelar juara dunia pada 2009 melalui Ben Spies. Toprak menyudahi musim dengan hanya unggul 16 poin dibandingkan Jonathan Rea.

Artikel Terkait