Juara Dunia F1 Sebastian Vettel Umumkan Pensiun, Fokus Keluarga

Setelah menjadi juara dunia F1 empat kali, Sebastian Vettel umumkan pensiun karena fokus pada keluarga

Juara Dunia F1 Sebastian Vettel Umumkan Pensiun, Fokus Keluarga
Photo: 123RF

TRENOTO – Juara dunia F1 empat kali Sebastian Vettel umumkan pensiun dari dunia balap akhir musim ini. Hal ini dilakukan karena tujuan hidupnya telah berubah dan ingin fokus pada keluarga serta minat di luar balap.

"Dengan ini saya mengumumkan rencana pensiun dari Formula 1 pada akhir musim 2022. Saya mencintai olahraga ini. Olahraga ini telah menjadi bagian sentral dari kehidupan saya sejauh yang saya ingat," kata Vettel lewat video di Instagram.

Nama Sebastian Vettel dikenal karena berhasil memenangkan keempat titel bersama Red Bull pada 2010-2013 dan menghabiskan enam musim dengan seragam Ferrari sebelum bergabung dengan tim Inggris Aston Martin.

Photo : 123RF

"Tapi sebanyak-banyaknya kehidupan di trek, ada juga kehidupan saya di luar lintasan. Menjadi pebalap bukanlah satu-satunya identitas saya," ujarnya.

Pebalap berusia 35 tahun tersebut berada di peringkat sembilan dari 10 tim. Secara resmi pria asal Jerman itu mengumumkan rencana pensiunnya jelang Grand Prix Hungaria, dan menjadi seri ke-13 pada kalender musim balap. 

"Selain balapan saya telah membina keluarga dan saya senang berada bersama mereka. Saya telah menumbuhkan minat di luar Formula 1," kata ayah dari tiga anak tersebut.

Masa-masa Menentukan

Selain pembalap, Vettel juga vokal menyuarakan perhatiannya terhadap sejumlah isu lingkungan  hingga LGBTQ+. Ia juga menegaskan bila tujuan hidupnya telah beralih dari memenangi balapan ke melihat anak-anaknya tumbuh.

"Meneruskan nilai-nilai saya, membantu mereka ketika mereka jatuh, mendengarkan mereka ketika mereka membutuhkan saya, tidak harus mengucapkan selamat tinggal dan, yang paling penting, bisa belajar dari mereka dan membiarkan mereka menginspirasi saya," kata dia.

Artikel Terkait