Kondisi Terkini Marc Marquez Setelah Kecelakaan di Mandalika

Setelah gagal tampil di MotoGP Mandalika akhir pekan kemarin, kondisi terkini Marc Marquez dipertanyakan oleh banyak penggemarnya

Kondisi Terkini Marc Marquez Setelah Kecelakaan di Mandalika
Photo: MotoGP

TRENOTO – Kondisi terkini Marc Marquez dikabarkan memasuki babak baru cedera diplopia setelah dilakukan pemeriksaan di Barcelona, Spanyol. Cedera sang pebalap kembali berulang setelah dirinya mengalami kecelakaan serius di Mandalika.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, pebalap Repsol Honda tersebut mengalami highside di tikungan 7 sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Insiden ini memang tidak langsung berdampak padanya.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, dikabarkan Marquez kembali mengalami diplopia alias gangguan penglihatan. Pernyataan ini dikemukakan sang pebalap melalui sosial media pribadinya.

“Sepertinya saya mengalami pengalaman berulang (deja vu)... Dalam perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai merasa tidak nyaman dengan penglihatan dan saya putuskan untuk menemui Dr Sanchez Dalmau lalu diputuskan Diplopia,” tulisnya.

Ia menambahkan kondisinya saat ini tidak terlalu parah, setidaknnya lebih baik dari tahun lalu. Ia mengaku akan menepi sementara untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

“Untungnya kondisi sekarang tidak terlalu parah seperti saya rasakan akhir tahun lalu. Sekarang saatnya beristirahat dan menunggu cederanya pulih,” jelasnya kemudian.

Photo : MotoGP

Seperti diketahui Marquez mengalami cedera diplopia pada akhir musim lalu. Hal tersebut membuatnya melewatkan beberapa seri dari musim balap MotoGP 2021.

Adapun gangguan penglihatan atau diplopia yang dialami Marquez pertama kalinya diderita pada 2011. Kala itu sang pebalap masih bertarung di kelas Moto3.

“Evaluasi neuro-oftalmologi yang dilakukan pada Marc Marquez pada Senin setelah kecelakaan di Grand Prix Indonesia, adalah episode baru diplopia. Hal ini disebabkan karena adanya kelumpuhan saraf kanan keempat, dengan keterlibatan lebih sedikit dibandingkan pada 2011,” ungkap Dr Sanchez Dalmau seperti dikutip Crash.net.

Photo : MotoGP

Ia menambahkan setelah pemeriksaan ini, awalnya Marquez akan mendapatkan pengobatan berkala berikut tes kesehatan. Namun pekan depan Marc Marquez akan melakukan pemeriksaan baru, untuk mempresdiksi kesembuhan dan proses pemulihan yang baik.

Cedera yang dialami Marquez saat ini dipercaya tidak bisa ikut balapan selanjutnya seperti MotoGP Argentina dan Austin bulan depan. Sehingga perebutan juara dunia bagi Marquez akan semakin sulit.

Adapun hingga musim balap 2022, Marquez terakhir kalinya tampil dalam satu musim penuh pada MotoGP 2019. Bahkan pada musim 2020, ia tidak tampil dalam hampir satu musim.

Artikel Terkait