Kru dan Pebalap WSBK Tiba di Lombok Setelah Karantina di Jakarta

Sirkuit Mandalika Lombok sudah mulai kedatangan kru, pebalap WSBK beserta tim dan logistik sudah mulai berdatangan

Kru dan Pebalap WSBK Tiba di Lombok Setelah Karantina di Jakarta
Photo: Antara

TRENOTO – Rombongan kru dan pebalap WSBK (Word Superbike) tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menjalani rangkaian balapan di sirkuit Mandalika. Para pebalap kelas dunia akan berlaga untuk pertama kalinya di sirkuit baru Indonesia tersebut.

Sebelumnya para pebalap melakukan karantina selama 3 hari di Jakarta sesuai dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 di Tanah Air. Adapun para pebalap datang secara bertahap ke Indonesia.

“Iya kru maupun pebalap WSBK mulai tiba di bandara Lombok. Informasinya mereka datang secara bergantian,” ucap Arif Haryanto, Humas PT Angkasa Pura I Bandara International Lombok, seperti dikutip Antara.

Dikatakan bahwa saat ini yang telah hadir di Lombok, Nusa Tenggara Barat, baru dua tim. Setelah melakukan pemeriksaan di Bandara, mereka akan menuju penginapan.

“Saat ini baru tim Yamaha dan Ducati yang datang, lainnya akan menyusul kemudian,” lanjutnya.

Para pebalap dan kru tiba di Jakarta untuk melakukan karantina seperti disebutkan di atas. Sementara logistik dibawa menggunakan pesawat kargo langsung ke Lombok dari Doha.

Adapun logistik berupa cairan akan diboyong dari Doha menggunakan kapal laut. Seluruhnya akan datang secara bertahap ke Mandalika.

Photo : WSBK

Rangkaian gelaran WSBK Mandalika akan mendatangkan ratusan orang baik pebalap maupun kru tim ke Lombok. Nantinya para pebalap akan berjibaku untuk memenangkan balapan.

Bahkan WSBK Mandalika menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan perebutan gelar juara dunia. Saat ini Toprak Razgatl?o?lu dari tim Yamaha dan Jonathan Rea dari tim Kawasaki tengah bersaing untuk memperebutkan gelar juara dunia WSBK 2021.

SIrkuit Mandalika, Lombok baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo belum lama ini. Tidak hanya meresmikan, Jokowi sapaan akrabnya juga mencoba aspal Mandalika menggunakan motor modifikasi.

Sebagai informasi, aspal sirkuit lintasan utama sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki panjang 4,310 kilometer dengan 17 tikungan.

Untuk memenuhi spesifikasi khusus pembangunan Sirkuit Mandalika, sistem pengaspalan yang digunakan ialah metode BIM.

Tak hanya itu, pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika  juga menggunakan standar mutu Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A sehingga dapat digunakan dalam event grand prix.

Artikel Terkait