Mitsubishi Masih Enggan Bawa Xpander Hybrid ke Indonesia
02 April 2024, 11:00 WIB
Mitsubishi Xpander AP4 tunggangan Rifat Sungkar dan M Redwan di kejuaraan nasional Sprint Rally 2021 berhasil tampil terdepan
Oleh Denny Basudewa
TRENOTO – Mitsubishi Xpander AP4 berhasil mengantarkan Rifat Sungkar menjadi juara nasional Sprint Rally 2021. Low MPV yang diubah menjadi mobil reli sempat diragukan performanya apalagi menjadi juara nasional.
Sebelum meraih gelar pertamanya, Mitsubishi Xpander AP4 yang dipacu oleh Rifat bersama navigator M Redwan memiliki cerita perjalanan panjang.
Mobil keluarga 7-penumpang tersebut menjalani beberapa perlombaan sebelumnya. Pada tahun ini, Rifat mencoba kejuaraan nasional sprint rally selama satu musim penuh.
Pada Meikarta Sprint Rally yang digelar pada 26 – 27 November 2021, Rifat menyiksa tunggangannya. Di seri pamungkas, pria kelahiran 22 Oktober 1978 ini duduk di posisi ketiga.
Meskipun tidak berhasil menjadi pemenang di dua seri di Meikarta akhir pekan kemarin. Rifat tetap tidak tergoyahkan untuk menjadi juara nasional sprint rally 2021.
Berkat beberapa hasil positif yang diraihnya pada putaran sebelumnya yakni Tanjung Lesung, Banten, dan ada Sentul, Jawa Barat, dominasi Rifat di klasemen tidak tergoyahkan.
Rifat berhasil mengubah paradigma bahwa mobil reli haruslah berdimensi kecil. Bersama Xpander AP4, Ia membuktikan jika mobil sejenis Xpander juga bisa meraih prestasi di ajang reli.
“Ini agak gila karena balapan pakai MPV, karena semua orang menggunakan hatchback,” ucap Rifat dalam siaran persnya.
Dikatakan lebih lanjut AP4 terbantu kondisi topografi lokasi sprint rally di Indonesia. Menurutnya balapan reli di Indonesia tidak fokus pada kecepatan tinggi.
Sehingga bodi Xpander AP4 terbilang lebih besar daripada hatchback tidak menjadi kendala. Fungsi aerodinamika pada kendaraan dikatakan tidak terlalu berpengaruh pada handling mobil.
“Beda kalau kita reli di Finlandia atau Swedia misalnya yang lebih membutuhkan aerodinamika tinggi,” jelasnya kemudian.
Rifat mengatakan bahwa dimensi Mitsubishi Xpander AP4 tunggangannya tidak berbeda jauh dengan Mitsubishi Evolution. Sedan legendaris berlambang Tiga Berlian tersebut merupakan andalannya di masa lalu.
Perbedaan paling tidak bisa dipungkiri adalah tinggi bodi mobil dibandingkan jenis sedan atau hatchback sekalipun. Rahasianya adalah dengan mengatur suspensi agar mendapatkan handling mumpuni.
“Untuk Xpander, begitu masuk ke dalam mobil saya tidak merasa duduk di kendaraan lain. Rasanya sama seperti duduk di (Mitsubishi) evolution,” pungkasnya.
Mitsubishi Xpander AP4 sendiri menjalani persiapan cukup panjang. Rifat yang mendapat dukungan penuh dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengembangkan mobil bersama Ralliart Selandia Baru.
Artikel Terpopuler
1
2
3
4
5
Artikel Terkait
02 April 2024, 11:00 WIB
19 Maret 2024, 15:00 WIB
17 Maret 2024, 13:04 WIB
16 Maret 2024, 18:04 WIB
12 Maret 2024, 13:00 WIB
Terkini
20 April 2024, 12:00 WIB
Kejaksaan Agung sita Lexus RX300 dan Toyota Vellfire milik Harvey Moeis untuk dijadikan barang bukti
20 April 2024, 10:09 WIB
Suzuki Ignis bekas kini ditawarkan dengan harga terjangkau hanya Rp 100 jutaan dengan beragam kondisi
20 April 2024, 09:48 WIB
Kejari Jaksel resmi melelang Jeep Rubicon Mario Dandy, kabar tersebut dibagikan di akun Instagram mereka
19 April 2024, 21:54 WIB
Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang memberikan pemutihan pajak kendaraan untuk meringankan beban
19 April 2024, 21:50 WIB
Resmi hadirkan dua model tahun ini, GAC Aion pilih Indonesia jadi basis perakitan kedua di Asia Tenggara
19 April 2024, 21:46 WIB
Jorge Martin menilai kalau Francesco Bagnai lawan kuat dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2024
19 April 2024, 19:52 WIB
Vespa World Days 2024 kembali digelar dan tahun ini di Pontedera, Italia yang merupakan rumah skuter ikonik
19 April 2024, 15:00 WIB
Toyota Fortuner Hybrid meluncur menggunakan sistem mild hybrid 48V, harga trim terendah Rp 705 jutaan