Latihan Street Race Digelar Minggu Malam Tanpa Hadiah

Polda Metro Jaya telah memutuskan bahwa latihan street race digelar malam hari dan dipastikan tidak ada hadiah untuk pemenang.

Latihan Street Race Digelar Minggu Malam Tanpa Hadiah
Photo: Istimewa

TRENOTO – Direktorat lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menggelar latihan balap jalanan atau street race bersama beberapa komunitas. Ajang latihan ini akan dilangsungkan pada hari Minggu, 16 Januari 2022.

Kegiatan ini sejatinya merupakan program dari Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya yang ingin menghilangkan kegiatan balap liar. Menurutnya, balap liar merupakan masalah klasik dan telah lama ada di DKI Jakarta.

Namun dilansir dari Antara, beberapa pengubahan dilakukan untuk menyesuaikan keadaan. Salah satunya adalah konsep yang awalnya adalah balapan berubah menjadi latihan tanpa ada hadiah untuk pemenang.

Photo : Istimewa

“Konsepnya latihan bersama komunitas, jadi tidak menyiapkan hadiah. Tujuan utamanya adalah kita berupaya agar event seperti ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan,” ungkap Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Animo masyarakat terhadap kegiatan tersebut pun terbilang cukup besar. Hanya dalam waktu 2 hari, jumlah peserta yang mendaftar latihan street race secara online sudah lebih dari 300 orang dari kuota hanya 350.

Digelar Malam Hari

Photo : NTMC

Sambodo menegaskan bahwa pelaksanaan latihan balap street racing mengambil waktu di malam hari. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas karena akan menutup jalan.

“Nanti kami atur bersama komunitas. Tapi kami siapkan waktu saat malam hari, misal dari pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB jalan kami tutup sehingga silahkan bila mereka melaksanaan latihan,” tambah Sambodo.

Sementara itu untuk pengamanannya sendiri juga sudah dilakukan beberapa persiapan. Salah satunya adalah dengan memasang pembatas pagar hitam setinggi 80-90 cm untuk menjaga keselamatan penonton.

“Penonton akan ditempatkan di trotoar sebelah kali. Di sini ada setapak jalan yang sudah dibatasi oleh pagar warna hitam sepanjang trek sehingga masyarakat bisa menonton dari sana, ungkap AKP Harnas Prihandito, Kepala Unit 2 Satuan Patroli dan Pengawalan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Adapun panjang trek yang sudah disiapkan berada di jalan Inspeksi Kali Ancol dengan panjang 800 m dari total 1.1 km. Dari 800 m tersebut, 500 m akan digunakan sebagai lintasan balap sementara sisanya difungsikan sebagai jarak aman pengereman.

Artikel Terkait