Mantan Bos Marquez Kini Jadi Manajer Suzuki Ecstar MotoGP 2022

Livio Suppo ditunjuk menjadi manajer tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022 menggantikan Davide Brivio yang hijrah ke F1

Mantan Bos Marquez Kini Jadi Manajer Suzuki Ecstar MotoGP 2022
Photo: Twitter

TRENOTO – Livio Suppo ditunjuk untuk menjadi manajer tim Suzuki Ecstar untuk MotoGP 2022 menggantikan Shinici Sahara. Shinichi sendiri merupakan Project Leader Suzuki Ecstar yang merangkap manajer tim.

Sebelumnya Suzuki digawangi oleh Davide Brivio yang sukses mengantarkan Joan Mir merebut gelar juara dunia MotoGP 2020. Namun pria asal Italia tersebut justru hengkang dan menjadi direktur di tim Alpine F1 Team.

Sosok Davide Brivio sendiri cukup berpengaruh pada tim Suzuki Ecstar. Bahkan sebelumnya di Yamaha, Ia berhasil membuat Valentino Rossi hengkang dari Honda dan meraih gelar juara dunia.

Suzuki Ecstar di bawah pimpinan Shinichi Sahara memang tidak terlalu buruk. Mereka tetap bisa merepotkan beberapa tim pabrikan lain, khususnya Yamaha dan Ducati.

Namun sebagai tim yang pernah meraih juara dunia pada 2020, penampilan dua pebalap Suzuki pada musim 2021 kurang memuaskan. Akhirnya ditunjuk Livio Suppo yang sudah vakum dari MotoGP pada 2017.

Karir Livio Suppo di MotoGP

Suppo pernah menjabat sebagai manajer tim Ducati pada 2003. Ia merupakan sosok yang berperan penting atas mengilapnya prestasi Ducati di MotoGP.

Suppo memboyong Casey Stoner dan menjadi satu-satunya pebalap Ducati yang menjadi juara dunia MotoGP hingga saat ini. Stoner membungkus gelar juara dunia pada 2007 dan merupakan prestasi terbaik pabrikan asal Italia tersebut.

Pada 2010 Suppo hijrah ke Repsol Honda dan pada tahun berikutnya memboyong Stoner. Tidak sia-sia, Stoner berhasil merebut gelar juara dunia MotoGP pada tahun pertamanya di Honda.

Photo : Suzuki

Suppo kembali menorehkan sejarah dengan mengajak Marc Marquez ke Repsol Honda. Lalu Marquez menjadi raja di MotoGP dengan menjadi juara dunia MotoGP 2013, 2014, 2016 dan 2017.

Suppo akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Repsol Honda dan vakum dari hingar bingar MotoGP. Posisinya digantikan oleh Alberto Puig yang merupakan mantan pebalap dan berlanjut hingga saat ini.

Ditunjuk menjadi manajer tim Suzuki Ecstar, Suppo berharap bisa meraih prestasi dalam waktu singkat.

“Saya merasa bangga bisa menjadi manajer tim Suzuki Ecstar dan bahagia bisa kembali ke MotoGP setelah empat tahun. Saya tahu mereka tim hebat, tapi mereka juga sekelompok orang yang menyenangkan, jadi ini bisa membantu meraih banyak target secepatnya,” ucap Suppo dalam keterangan resminya.

Artikel Terkait