Marquez Geber RC213V-S Pakai Biofuel

Menjalani tes baru-baru ini, Marquez geber RC213V-S pakai bahan bakar biofuel yang lebih ramah lingkungan

Marquez Geber RC213V-S Pakai Biofuel
Photo: @HRC_MotoGP

TRENOTO – Marc Marquez memanfaatkan momen pasca musim berakhir dengan menguji motor. Pembalap tim Repsol Honda tersebut geber RC213V-S di sirkuit Jarama-Race Madrid, Spanyol

Pada kesempatan ini sang pembalap memang tidak mencoba motor baru untuk musim depan. Namun pemegang gelar juara dunia MotoGP enam kali tersebut motor versi jalan.

Hanya saja yang dilakukannya bersama tim menjadi menarik. Hal ini dikarenakan Marquez geber RC213V-S menggunakan bahan bakar biofuel Repsol.

Rider asal Spanyol tersebut masuk ke lintasan menggunakan motor yang diisi BBM biofuel. Melahab beberapa lap dengan bahan bakar lebih ramah lingkungan.

Photo : @HRC_MotoGP

Langkah yang dilakukan Honda kali ini sejalan dengan rencana MotoGP untuk menghadirkan kompetisi lebih hijau. Berikut rencana masa depan MotoGP untuk seluruh tim.

  • Pada 2024 seluruh motor di kelas Moto3, Moto2, dan MotorGP harus menggunakan BBM biofuel 40 persen.
  • lalu pada 3037 seluruh tim harus menggunakan bahan bakar 100 persen non fosil atau biofuel.

Tim Honda Repsol menjadi yang pertama mencoba BBM biofuel. Mereka melakukan tes bersama Marquez di sirkuit Jarama.

“Ini adalah test dengan hasil positif. Saya merasa motor sama saja dan tidak ada perbedaannya sama sekali, dan ini adalah tujuan utama kami,” ucap Marquez seperti dikutip Speedweek.com.

Baca juga : Alex Marquez Menyebrang ke Ducati dari Honda

Dikatakan bahwa BBM biofuel milik Repsol sudah dilakukan pengetesan terlebih dahulu. Namun dengan Marquez merupakan langkah penting untuk mengetahui progresnya.

“Sebagai pembalap anda harus memberikan tanggapan akan performa mesin. Dengan BBM ini apakah motor masih bisa agresif setiap waktu dibutuhkan,” kata Marquez.

Marquez Marah-marah usai Tes

Sebelum menguji BBM biofuel Marquez menjalani sesi tes resmi MotoGP di Valencia. Disebutkan bahwa Marquez marah-marah usai tes berlangsung.

Photo : @HRC_MotoGP

Performa yang tidak sesuai harapan menjadi isu kemarahan Marquez. Pembalap Repsol Honda tersebut bahkan digosipkan akan hengkang dari Honda.

Marquez melakukan tes di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol. Ia menempuh 50 putaran dengan motor 2023. Namun sayang hasilnya dikatakan tidak sesuai harapan.

Marquez hanya menempati posisi 13 sementara. Sedangkan Luca Marini berada di urutan teratas pada sesi tes kali ini.

Artikel Terkait