Mercedes W13 Meluncur Bulan Depan, Siap Ciptakan Rekor Baru

Mercedes W13 meluncur bulan depan dengan beragam keunggulan untuk memastikan pencapaian terbaik di musim kompetisi 2022-2023

Mercedes W13 Meluncur Bulan Depan, Siap Ciptakan Rekor Baru
Photo: @mercedesamgf1

TRENOTO – Mercedes W13 meluncur bulan depan di Silverstone dan diselenggarakan secara virtual. Peluncuran Mercedes-AMG F1 W13 E Performance hanya selisih 1 hari bila dibandingkan dengan peluncurkan mobil F1 Ferrari.

Tim berjuluk Silver Arrows menegaskan bahwa mobilnya telah menyesuaikan aturan baru yang diberlakukan pada musim kompetisi 2022-2023. Mobil bisa melaju tanpa menemui kendala terkait regulasi.

Seperti yang sudah diketahui bahwa ada beberapa aturan baru pada mobil balap bila dibandingkan dengan musim kompetisi tahun lalu. Salah satunya adalah terkait aerodinamika mobil kini menggunakan sayap depan lebih besar dibanding sebelumnya.

Photo : @mercedesamgf1

Lebar kendaraan pun bertambah guna menyesuaikan dengan lebar sayap depan. Kondisi tersebut berdampak pada bobot kendaraan karena meningkat cukup besar menjadi sekitar 790 kg dari sebelumnya hanya 752 kg.

Ubahan lain ada pada bagian ban dan suspensi kendaraan. Ukuran ban kini dibuat menjadi 18 inci atau meningkat 5 inci dari sebelumnya yang hanya 13 inci serta profil juga didesain lebih tipis.

Pada sisi suspensi, aturan barunya disebutkan bahwa mobil dilarang untuk menggunakan pegas gas serta inerter. Padahal keduanya telah menjadi bagian dari F1 sejak awal 2000-an sehingga ubahan tentu akan sangat menantang.

Untuk mesin sebenarnya masih sama yaitu menggunakan V6 hybrid turbo berkapasitas 1.6 liter. Namun untuk desainnya akan dihomologasi pada musim 2022 dan dibekukan hingga 2025 mendatang.

Penggunaan bahan bakar juga mengalami ubahan, karena FIA menetapkan untuk menggunakan bahan bakar E10 (Etanol dan 10 persen bahan bio). Dengan penggunaan bahan bakar baru ini diharapkan bisa menekan emisi karbon.

Mercedes telah mengantongi rekor juara konstruktor sebanyak 8 kali berturut-turut serta berharap bisa memperpanjang rekor tersebut pada musim kompetisi 2022-2023. Lewis Hamilton masih menjadi pembalap pertama mereka yang akan memperebutkan gelar juara dunia untuk ke 8 kali.

Sementara untuk posisi pembalap kedua akan diisi oleh George Russell yang sebelumnya merupakan pembalap Williams. Ia menggantikan posisi Valtteri Bottas karena memutuskan membela Alfa Romeo pada musim balap kali ini.

Artikel Terkait