MotoGP Argentina 2022 Terkendala Perang Rusia

MotoGP Argentina 2022 harus mendapat penyesuaian jadwal karena keterlambatan pesawat kargo akibat perang Rusia

MotoGP Argentina 2022 Terkendala Perang Rusia
Photo: MotoGP

TRENOTO – MotoGP Argentina 2022 yang seharusnya sudah dimulai sejak Jumat (01/04) dibatalkan. Sebagai gantinya sesi latihan bebas dan kualifikasi akan digelar pada Sabtu besok.

Pada umumnya sesi latihan bebas satu dan dua digelar pada Jumat. Lalu keesokan harinya masih ada latihan bebas tiga dan empat (khusus MotoGP) dilanjutkan kualifikasi.

Balapannya sendiri baru dilakukan pada Minggu yang diawali dengan sesi pemanasan pada pagi harinya.

Hal ini tidak bisa terjadi pada MotoGP Argentina 2022 karena logistik pengiriman dari Lombok, Indonesia, mengalami keterlambatan menuju Tucuman, Argentina.

Photo : MotoGP

Dikatakan bahwa satu dari lima pesawat kargo yang mengangkut logistik mengalami masalah teknis. Hal ini terjadi saat pesawat transit di Kenya. Sementara satu pesawat sudah tiba di Tucuman dan kembali ke Lombok untuk mengambil sisa logistik pebalap.

Dilansir Motorsport, Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna mengatakan pangkal masalah dari keterlambatan pesawat kargo disebabkan perang Rusia terhadap Ukraina. Dorna masih kesulitan untuk mencari pesawat pengganti.

“Kami sudah belajar banyak dalam 30 tahun terakhir menggelar MotoGP mengenai penerbangan kargo. Masalah ini muncul karena perang Rusia vs Ukraina dan banyak penerbangan kargo berasal dari perusahaan Rusia yang saat ini dilarang,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa mereka (Dorna) sudah kehilangan 20 persen penerbangan yang tersedia di dunia. Kemudian masalah terbesarnya saat ini adalah penerbangan saat ini tidak lagi tersedia khususnya pesawat kargo.

Photo : MotoGP

“Ini kasus pertama, mungkin kami perlu mempertimbangkan kembali dan memastikan juga ketika kami memiliki balapan back-to-back. Tapi kali ini bukan karena jeda satu minggu, tapi kita tidak bisa menyelesaikan situasi ini untuk menghindari masalah,” jelasnya kemudian.

Dorna saat ini sudah menyelenggarakan sebanyak 499 grand prix. Baru kali ini mereka mengalami masalah pelik akibat dari perang Rusia vs Ukraina.

Atas masalah tersebut di atas, pihak Dorna selaku pemegang lisensi MotoGP akan melakukan penyesuaian. Khusus kelas MotoGP latihan bebas akan dimulai pada Sabtu malam hari.

Berikut Jadwal Baru MotoGP Argentina 2022

Sabtu 2 April 2022

  • Free Practice 1 : pukul 20.35 – 21.20 WIB
  • Free Practice 2 : pukul 23.25 – 00.10 WIB

Minggu 3 April 2022

  • Free Practice 3 : pukul 02.25 – 02.55 WIB
  • Kualifikasi : pukul 03.05 – 03.45 WIB
  • Warm Up : pukul 20.30 WIB – 21.00 WIB

Senin 4 April 2022

Race : pukul 01.00 WIB – selesari (25 lap)

Artikel Terkait