MotoGP Mandalika 2022 Siap Digelar, Ayam Taliwang Bakal Mendunia

MotoGP Mandalika 2022 siap digelar dan kegiatan para pebalap dimulai dari parade di Istana Negara dua hari sebelumnya

MotoGP Mandalika 2022 Siap Digelar, Ayam Taliwang Bakal Mendunia
Photo: Antara

TRENOTO – Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto selaku Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 menegaskan, gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia di sirkuit Mandalika siap digelar.

Jadwal MotoGP Mandalika 2022 dimulai dari rangkaian parade konvoi para pebalap bersama Jokowi pada 16 Maret 2022 di Jakarta. Lalu para pebalap bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan memulai rangkaian seri balap pada Jumat 18 – 20 Maret 2022.

“Seluruhnya sudah sepenuhnya siap dan hanya menunggu waktu dalam penyelenggaraannya,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah atas keterlibatannya dalam persiapan MotoGP Mandalika 2022. Berbagai target yang ditetapkan berhasil terpenuhi dengan baik.

“Terima kasih kepada Pemda NTB dan seluruh stakeholders karena hingga saat ini beberapa aspek telah tercapai sesuai target,” ucapnya kemudian.

Dikatakan bahwa sesuai arahan Presiden, infrastruktur jalan menuju sirkuit Mandalika harus terlihat hijau dan indah. Namun Ia berharap masyarakat tetap menjaga keindahannya.

Mengenai akomodasi, disebutkan bahwa seluruh pengunjung akan terlayani dengan baik.

“Akomodasi tidak perlu takut, kita siap menampung 60 ribu pengunjung begitu juga dengan transportasi. Kita menyiapkan shuttle bus untuk bisa melayani penonton di area sirkuit Mandalika,” tutur Hadi kemudian.

Dari aspek kesehatan, kasus positif covid-19 di provinsi NTB masih rendah. Ia mengatakan pengunjung tidak perlu takut namun tetap waspada.

“Dengan positive rate sebesar 1.55 persen, kita bisa melaksanakan kegiatan MotoGP di sirkuit Mandalika pada 18 – 20 Maret 2022. Tentunya dengan prokes yang ketat tetap kami lakukan,” tegasnya.

Photo : MotoGP

Adapun urusan keamanan telahd disiapkan ribuan personil untuk bisa mengamankan dan menyukseskan event internasional tesebut. Dipersiapkan 2.700 personil untuk mengamakan acara.

“Pak Kapolda dan Pak Danrem akan selalu protect apabila terjadi gangguan dan ancaman. Tidak lupa berkoordinasi dengan seluruh stakeholders juga diperlukan demi keberhasilan MotoGP kali ini,” ujarnya.

Ayam Taliwang Mendunia

Tidak hanya semata-mata urusan balapan, MotoGP Mandalika 2022 juga menjadi momentum tepat untuk memperkenalkan berbagai macam UMKM lokal. Salah satunya adalah ayam taliwang.

“Saya yakin bahwa dengan momentum ini (MotoGP Mandalika 2022) ayam taliwang dapat mendunia,” ungkapnya.

Sebelumnya Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan melakukan pesta kemenangan untuk Enea Bastianini di MotoGP Qatar 2022. Ia akan menyodorkan Ayam Taliwang kepada sang pebalap.

Artikel Terkait