MotoGP Valencia 2022 Bakal Jadi Saksi Sejarah Penting

Digelar akhir pekan depan, MotoGP Valencia 2022 akan jadi babak penentuan gelar juara dunia musim ini

MotoGP Valencia 2022 Bakal Jadi Saksi Sejarah Penting
Photo: twitter

TRENOTO – MotoGP Valencia 2022 sejatinya akan digelar pada awal November mendatang. Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol akan menjadi babak pamungkas perebutan gelar juara dunia musim ini.

Ketatnya persaingan antara para pembalap membuat titel harus diperebutkan hingga seri terakhir. Hingga pekan depan tercatat Francesco Bagnaia sudah menapakkan satu kaki untuk meraih gelar pertamanya.

Pembalap Ducati Lenovo tersebut telah mengumpulkan 258 poin di puncak klasemen. Angka ini selisih 23 poin dari rider Monster Energy Yamaha yakni Fabio Quaratararo dengan raihan 235 poin.

Photo : Twitter

Secara logika Bagnaia cukup bermain aman dan meraih poin tambahan untuk meraih gelar pertamanya di MotoGP. Paling tidak pembalap asal Italia tersebut harus finish minimal posisi ke-13 untuk mendapat 3 poin.

Dengan hasil di atas Bagnaia tidak bisa dikejar oleh Quartararo meskipun dirinya memenangkan balapan sekalipun. Sekadar informasi, pemenang MotoGP diganjar 25 poin.

Bagi Quartararo untuk memenangkan balapan di Valencia bukanlah perkara mudah. Pasalnya Ia harus berhadapan dengan pasukan Ducati yang sangar-sangar.

Penunggang Ducati berjumlah delapan di MotoGP kerap mengisi barisan depan. Peluang Quartararo untuk mempertahankan gelar musim ini akan sangat berat.

Beban rider Yamaha tersebut semakin berat karena selain motornya kurang kompetitif, hanya Quartararo yang mampu tampil impresif. Sementara tiga pembalap garpu tala lainnya tidak bisa mengembangkan performa motor.

Photo : Twitter

Selain itu, Quartararo harus menghadapi pembalap lain yang juga memiliki performa bagus. Sebut saja Marc Marquez dari Honda, Aleix Espargaro Aprilia dan dua pembalap Suzuki Ecstar yakni Joan Mir dan Alex Rins.

Meskipun kecil kemungkinannya, namun bukan berarti Quartararo tidak bisa meraih gelar musim ini. Asalkan balapan digelar dalam kondisi cuaca cerah, rider bernomor start 20 tersebut kerap memberikan kejutan.

Salah satu contohnya di MotoGP Malaysia akhir pekan lalu. Rekan satu tim Franco Morbidelli mampu finish ketiga menyisihkan banyak pembalap di depannya.

Baca juga : Bagnaia Alami Kecelakaan Mobil di Bawah Pengaruh Alkohol

Valentino Rossi Sambangi Valencia

Disitat dari Speedweek.com, legenda hidup MotoGP tersebut dikabarkan akan datang menyambangi seri terakhir pekan depan. Kedatangannya untuk memberikan dukungan bagi anak didiknya di VR46 Racing yakni Bagnaia.

Jika Bagnaia berhasil meraih titel, maka Italia kembali memiliki seorang juara dunia setelah Rossi. Ducati juga akan menjadi juara dunia setelah terakhir diraih Casey Stoner pada 2007.

Artikel Terkait