Nasib Mario Aji Dibandingkan Pebalap Moto2 Thailand

Nasib Mario Aji yang turun di Moto2 berbeda dengan pebalap Moto2 Thailand Somkiat Chantra, satu terpuruk yang lainnya juara

Nasib Mario Aji Dibandingkan Pebalap Moto2 Thailand
Photo: MotoGP

TRENOTO – Nasib Mario Aji menarik perhatian penonton di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menjadi tuan rumah, pria asal Magetan, Jawa Timur ini berhasil mendapat start baris terdepan.

Berhasil menciptakan sejarah baru, Mario Aji menjadi pebalap Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan posisi depan saat memulai pertandingan. 

Meski demikian, pria berusia 18 tahun ini harus puas berada di posisi 14 ketika finis. Start dari posisi 3, Mario kehilangan terus disalip lawannya sejak awal lomba. 

Karena start yang kurang baik, Mario melorot ke posisi 9 dari posisi 3 di lap pertama. Tak berhasil mempertahankan posisinya, Ia kembali turun ke posisi 16 hingga pertengahan lomba. 

Saat tim Leopard Racing Dennis Foggia berhasil memimpin lomba dengan margin empat detik dari dua pebalap, Mario justru terpuruk di posisi 18.

Tak masuk zona poin pada lap terakhir, posisi Mario kembali naik setelah kecelakaan terjadi dan menimpa sejumlah pembalap. Membuat nasib Mario Aji sedikit membaik.

Salah satu pembalap yang terlibat kecelakaan ialah juara Moto3 Qatar Andrea Migno, bersama Ayumi Sasaki. Kecelakaan juga terjadi pada Stefano Nepa dan joel Kelso di lap pemungkas.

Karena itu, Ia berhasil naik dan membungkus dua poin pertama untuk Honda team Asia dan membawa bendera Merah Putih menuju pit lane dan garasinya.

Photo : MotoGP

Pebalap Thailand Bersinar di Moto2

Khusus Moto2 di Sirkuit Mandalika, pebalap asal Thailand, Somkiat Chantra berhasil menjadi pemenang. Membela Honda Asia team, ini menjadi kemenangan pertama bagi negara gajah putih di ajang Grand Prix.

Posisi ini berhasil diraih usai unggul dari kedua pebalap yakni Calestino Vietti dan Aron Canet. Keduanya harus puas berada di posisi kedua serta ketiga.

Pada balapan ini, tim SAG Mandalika yang start di posisi kelima harus turun ke posisi 15 ketika finis. Selain itu, Jake Dixon yang mendapat pole position di tempat ketiga pada awal balapan mengalami nasib sial. 

Saat balap baru berjalan tiga putaran, Dixon terjatuh dii tikungan 10 dan harus keluar lintasan.

Tampil di Sirkuit Mandalika Minggu (20/3/2022) siang, Moto2 awalnya direncanakan berlangsung selama 25 lap. Namun ban para pebalap tak mampu menahan panasnya aspal, sehingga balap dipangkas menjadi 15 lap.

Artikel Terkait