Nonton WSBK Mandalika, Pahami Syarat dan Ketentuannya

Gelaran WSBK Mandalika akan bergulir akhir pekan ini dan dipastikan akan diramaikan banyak pengunjung

Nonton WSBK Mandalika, Pahami Syarat dan Ketentuannya
Photo: Antara

TRENOTO – WSBK Mandalika akan bergulir akhir pekan ini dan digadang-gadang menjadi ajang penentuan gelar juara dunia. MGPA (Mandalika Grand Prix Association) selaku penyelenggara menetapkan sejumlah regulasi yang wajib diikuti seluruh penonton.

Akhir pekan ini, sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat juga akan menyelenggarakan kejuaraan balap ATC (Asean Talent Cup). Ajang yang seharusnya digelar sepekan sebelumnya ini, terpaksa diundur karena masalah marshal.

Diketahui para pebalap, kru hingga logistik mulai berdatangan ke Tanah Air. Para pebalap dan kru terlebih dahulu harus menjalani karantina di Jakarta selama tiga hari.

Ajang balap internasional Word Superbike (WSBK) merupakan salah satu kejuaraan balap yang cukup populer di seluruh dunia. Tentunya hal ini akan menjadi daya tarik masyarakat hingga seluruh penggemar olahraga balap di berbagai penjuru.

Untuk para penonton yang hendak menyaksikan ajang balap internasional tersebut, alangkah baiknya mengenal tata cara dan seluruh persyaratannya. Hal ini guna mencegah ketidaknyamanan pada penonton saat ingin memasuki area sirkuit.

“Persyaratan menonton yang paling utama adalah wajib memiliki tiket,” ucap Ricky Baheramsjah, Direktur Utama MGPA seperti dikutip Antara.

Regulasi Penonton Mandalika

Lebih lanjut, penonton berusia 12 tahun ke atas harus sudah menerima vaksin covid-19 sebanyak dua kali. Lalu wajib menunjukkan hasil swab antigen (1x24 jam)/PCR (3x24 jam) dan mendapatkan hasil negatif melalui aplikasi PeduliLindungi.

Photo : Antara

“Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, wajib menunjukkan hasil tes swab antigen/PCR dari rumah sakit/klinik serta sertifikat vaksin, dengan prosedur yang dikirim ke alamat email,” jelasnya kemudian.

Tiket WSBK Mandalika yang dijual secara online, dapat ditukarkan dengan membawa identitas diri yang sesuai. Hal ini tidak dapat ditukarkan atau diwakilkan orang lain.

“Penonton dapat melakukan penukaran tiket harian pada hari yang sama,” tuturnya kemudian.

Demi mendapatkan kenyamanan bagi seluruh penonton WSBK Mandalika, pihak penyelenggara menetapkan sejumlah aturan. Penonton yang hendak menyaksikan gelaran balap tersebut diharapkan untuk memperhatikan sejumlah aturannya.

“Penonton tidak diperbolehkan membawa payung, drone, wadah kaca, tongkat selfie (swafoto), atau benda terbuat dari besi lainnya,” jelasnya.

Layaknya penumpang pesawat, penonton juga tidak diperkenankan membawa benda atau cairan yang mudah terbakar, ransel atau tas besar, laser, minuman beralkohol, poster maupun spanduk, terompet serta makanan dan minuman dari luar.

“Regulasi ini wajib dipatuhi penonton sebagai syarat menyaksikan ajang Word Superbike di sirkuit Mandalika agar dapat menikmati balapan dengan aman dan nyaman,” tutupnya.

Artikel Terkait