Oliveira Menang di MotoGP Thailand 2022, Quartararo Tercecer

Miguel Oliveria menang di MotoGP Thailand 2022 dengan catatan disusul Jack Miller serta Francesco Bagnaia

Oliveira Menang di MotoGP Thailand 2022, Quartararo Tercecer
Photo: @KTM_racing

TRENOTO – Meski memulai balapan dari posisi 11, Miguel Oliveira pembalap Red Bull KTM Factory Racing berhasil memenangkan MotoGP Thailand 2022. Posisi kedua dan ketiga berhasil diduduki oleh rider dari Ducati Lenovo Team yaitu Jack Miller serta Francesco Bagnaia.

Hasil buruk justru diraih oleh juara dunia tahun lalu yaitu Fabio Quartararo. Pembalap dari Monster Energy Yamaha tersebut hanya finish di posisi ke-17 dan tidak mendapat 1 poin pun.

Meski demikian dirinya masih memimpin klasemen sementara balap MotoGP. Hanya saja selisih dengan peringkat kedua, Bagnaia kini hanya 2 angka saja.

Hasil tersebut membuat persaingan di musim 2022 akan semakin ketat. Pasalnya masih ada beberapa seri tersisa untuk menentukan juara dunia.

Jalannya Balapan

Photo : @JackMilleraus

Sempat tertunda hampir 60 menit karena hujan, seri MotoGP di Thailand akhirnya dimulai dalam kondisi sirkuit yang basah. Start dari pole posision, Marco Bezzecchi berhasil mempertahankan posisinya meski tidak lama.

Pasalnya di lap keempat posisinya harus diserahkan pada Jack Miller akibat melebar di tikungan pertama sesaat setelah start. Pada lap yang sama, Luca Marini mengalami kecelakaan sehingga tidak bisa melanjutkan perlombaan.

Pada lap ke 6 Miguel Oliveira yang start dari posisi 11 mulai menunjukkan perfomanya. Ia bahkan berhasil meraih fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 39.9 detik dan terus merangsek maju.

Perebutan posisi pertama terjadi pada lap 8 ketika Oliveira beberapa kali melakukan manuver untuk meraih posisi terdepan. Namun usaha tersebut masih bisa dipatahkan Jack Miller.

Usahanya baru berbuah hasil pada lap 14 karena ia berhasil mengambil alih pimpinan balap di lintasan lurus. Meski demikian, selisih jarak keduanya tidak terlalu jauh.

Photo : MotoGP

Ketika keduanya tengah bertarung, di belakangnya terjadi beberapa drama yang menarik perhatian. Salah satunya adalah Aleix Espargaro harus menjalani hukuman long penalti karena menyenggol Brad Binder.

Selain itu, Marc Marquez juga sempat beberapa kali mendekati Bagnaia untuk merebut podium ketiga. Sayang usahanya tidak membuahkan hasil dan harus puas di peringkat keempat.

Artikel Terkait