Oliveira Menang MotoGP Mandalika 2022

Miguel Oliveira menang MotoGP Mandalika 2022 dari Red Bull KTM dengan catatan waktu 33 menit 27.223 detik.

Oliveira Menang MotoGP Mandalika 2022
Photo: MotoGP

TRENOTO – Miguel Oliveira dari Red Bull KTM berhasil menjadi pemenang MotoGP Mandalika 2022 yang dihelat pada 20 Maret 2022. Ia berhasil menjadi pememang setelah berhasil menyelesaikan balapan dalam waktu 33 menit 27.223 detik.

Hujan deras yang menggur sirkuit berhasil membuat jalannya balapan ditunda hingga 2 jam dari jadwal seharusnya. Berdasarkan pantauan kami, pit lane baru dibuka pukul 16.00 WITA dan balap dimulai pukul 16.15 WITA.

Tak hanya itu, basahnya kondisi sirkuit pun membuat balapan harus mengalami pengurangan jumlah lap. Balapan yang seharusnya dilangsungkan sebanyai 27 lap terpaksa dikurangi menjadi hanya 20 lap saja.

Photo : MotoGP

Quartararo memulai balapan dari posisi terdepan berhasil melakukan start baik dan dengan mudah memimpin di lap pertama. Posisi kedua pun direbut oleh Miguel Oliviera yang berhasil memperbaiki posisinya.

Namun pimpinan balapan berubah di akhir lap pertama karena Quartararo berhasil disusul oleh Oliviera. Bahkan Ia harus tercecer di posisi ketiga setelah disusul oleh Jack Miller dari tim Ducati.

Perfoma Miller pun terus membaik hingga puncaknya tikungan 10 Ia berhasil memimpin balapan setelah menyusul Oliveira. Ia pun berhasil memperpanjang jaraknya dengan selisih sekitar 2.2 detik.

Quartararo yang sempat memimpin balapan pun tampak kepayahan pada seri ini. Setelah kehilangan posisi terdepan, Ia pun semakin tertinggal karena berhasil disusul oleh Alex Rinss serta Johann Zarco.

Lap kelima, Miller mulai kehilangan kendali atas balapan setelah disusul oleh Oliveria yang langsung melesat meninggalkan pembalap lain. Jaraknya pun terbilang cukup jauh untuk didekati oleh pembalap lain.

Di lap kedepalan, Jorge Martin mengalami kecelakaan setelah kehilangan kendali atas motornya di lintasan lurus. Tidak bisa dipungkiri bahwa lintasan memang terlihat masih cukup basah meski hujan telah berhenti dari sebelum balapan dilangsungkan.

Meski Oliverira seakan tidak tersentuh, pertarungan untuk memperebutkan posisi kedua terbilang cukup sengit. Rins yang berada di posisi ketiga terus mengejar Miller semenrara Zarco di posisi keempat juga semakin mendekat.

Perubahan posisi kemudian terjadi pada lap 11, Zarco berhasil mengungguli Rins di tikungan 12 kemudian Quartararo pun melakukan aksi serupa. Perebutan posisi kedua pun kemudian dimulai antara Miller dan Zarco.

Dalam perebutan tersebut, Zarco berhasil memanfaatkan peluang untuk berhasil unggul. Namun posisi kedua tidak dapat dipertahankan lama karena Quartararo berhasil menyusulnya untuk finish di peringkat kedua.

Artikel Terkait