Pasca Mugello, Marquez Pamit dari MotoGP 2022

Marc Marquez pamit dari MotoGP 2022 karena akan melakukan operasi untuk keempat kalinya demi mengembalikan performanya

Pasca Mugello, Marquez Pamit dari MotoGP 2022
Photo: Istimewa

TRENOTO – Marc Marquez pamit dari MotoGP 2022 setelah menjalani balapan di sirkuit Mugello akhir pekan kemarin (29/05). Pembalap tim Repsol Honda tersebut menyudahi balapan di urutan 10.

Sebenarnya keputusan untuk pamit dari MotoGP 2022 sudah dilakukan sebelum balapan dimulai. Dirinya bersama tim mengdakan konferensi pers dan mengutarakan niatnya.

Pemilik nomor start 93 tersebut mengaku akan terbang ke Amerika Serikat pada Selasa, 31 Mei 2022. Tujuannya adalah untuk melakukan operasi tangan kanan (humerus) untuk keempat kalinya.

Sekadar mengingatkan, Marquez pernah mengalami patah tulang tangan kanan (humerus) pada awal musim 2020. Cedera tersebut membuatnya harus absen panjang, Cederanya sendiri diperparah dengan beberapa insiden.

Photo : Istimewa

“Saya mendapat telepon dari dokter di Amerika Serikat setelah FP1 (Free Practice) di Mugello. Mereka mengatakan saya harus ke sana karena bahu saya mengalami banyak rotasi,” ucap Marquez dalam konferensi pers.

Ia menyatakan setelah GP Spanyol beberapa waktu lalu, terdapat perasaan tidak enak pada tubuhnya. Lalu salah satu tim dokter menghampirinya ke Eropa dan melakukan pemeriksaan.

Dirinya menyadari bahwa keputusan untuk melakukan operasi lagi tidaklah ideal, karena musim balap 2022 masih berlangsung. Selain itu tidak ada pembalap yang dominan dalam lomba, sehingga kemungkinan menjadi juara dunia masih sangat terbuka.

“Ini bukanlah waktu yang ideal, tapi saya tidak nyaman di atas motor. Saya tidak bisa mengemudi seperti dulu dan terlalu membebani bahu kiri saya yang sehat,” tuturnya kemudian.

Marquez menyadari bahwa jika terus dipaksakan, maka bisa menyebabkan cedera lebih lanjut lagi. Dia dan Honda disebutkan telah sepakat untuk melakukan operasi keempat dan tidak tahu kapan akan kembali lagi ke lintasan balap.

Lalu dalam akun Instagram pribadinya, Marquez berpamitan dengan para penggemar setianya. Dalam kesempatan ini, dirinya pamit dari gegap gempita MotoGP 2022.

“Setelah berbulan-bulan bekerja keras dengan tim medis baru saya di Madrid, kondisi fisik saya telah membaik. Tapi saya memiliki keterbatasan signifikan yang tidak memungkinkan mengendarai motor dengan benar,” tulisnya.

Photo : Istimewa

Dikatakan setelah melakukan konsultasi, operasi baru akan dilakukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan potensinya bersama Honda RC213V.

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa motivasinya masih tinggi. Ia juga akan berusaha tampil di level tertinggi lagi pasca operasi.

Artikel Terkait