Pebalap MotoGP Siap Ngegas, Sirkuit Mandalika Sudah Bebenah

Sirkuit Mandalika bebenah jelang gelaran MotoGP 2022 yang akan diselenggarakan pada Maret mendatang

Pebalap MotoGP Siap Ngegas, Sirkuit Mandalika Sudah Bebenah
Photo: Antara

TRENOTO – Gelaran MotoGP Mandalika 2022 siap digelar pada Maret mendatang. Sejumlah persiapan dilakukan guna memastikan kelancaran acara tersebut.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tengah melakukan persiapan MotoGP yang akan diselenggarakan pada 18 – 20 Maret 2022. Mulai dari perbaikan sistem saluran air, pembangunan tribun penonton, pembenahan main track, hingga perekrutan marshal.

“Saat ini sistem saluran air (drainase) track yang sebelumnya mengalami genangan di beberapa titik telah selesai diperbaiki. Saat ini dilakukan pengukuran dan pemantauan, dapat disimpulkan bahwa sudah tidak ada lagi genangan saat terjadi hujan lebat,” ucap Samsul Purba, Direktur Teknik dan Operasi MGPA seperti dikutip Antara.

Seperti diketahui bahwa sistem drainase sirkuit Mandalika sempat mengalami genangan. Hal ini sempat dialami sirkuit Mandalika pada gelaran World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam.

Pembenahan lintasan sirkuit sendiri meliputi pengecatan lintasan beberapa area barrier sesuai permintaan FIM, penambahan tyre barrier dan pemasangan digi flag.

“Saat ini juga tengah dilakukan pembangunan tribun penonton antara lain seperti Hospitality Suites VIP Village dan 11 titik lainnya,” katanya.

Dikatakan bahwa pembenahan VIP Village telah memasuki pekerjaan struktur paja, pemasangan dinding bata dan wiremesh.

Photo : Antara

“Nantinya VIP Village ini akan menampung kapasitas hingga 2.400 orang. Sementara pekerjaan tribun lainnya memasuki tahap pengerjaan tanah antara lain, pemadatan timbunan, pekerjaan concrete pad, dan pekerjaan drainase serta pemasangan pondasi atap,” jelasnya kemudian.

Lebih lanjut disebutkan bahwa proses pembenahan sejumlah fasilitas diyakini akan selesai sepekan sebelum acara MotoGP. Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan marshal sebagai salah satu persyaratan dari gelaran balap.

Rekrutmen marshal ini dilakukan dengan tetap berkoordinasi dan mendapatkan persetujuan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Kami akan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan seperti mendorong kesiapan SDM di Indonesia khususnya di Lombok menyambut event bergengsi ini bersama-sama. Kesiapan SDM lokal harus dikombinasikan SDM berpengalaman di event internasional,” tuturnya.

Pihak MGPA akan menyiapkan petugas Clerk of The Course (COC) yakni Tamo ex COC MotoGP Sepang dan Tony Witaker ex COC WSBK di Mandalika tahun lalu.

Artikel Terkait