Pembalap KTM Dilarang Liburan, Masih Banyak PR

Meskipun MotoGP memasuki masa rehat musim panas selama lima pekan, namun pembalap KTM dilarang liburan

Pembalap KTM Dilarang Liburan, Masih Banyak PR
Photo: @ktm_racing

TRENOTO – MotoGP Belanda 2022 sukses dihelat akhir pekan kemarin menjadi petanda berakhirnya paruh musim pertama. Para pembalap bisa beristirahat setidaknya 5 pekan selama musim panas.

Namun pembalap KTM dilarang liburan karena masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan. Sekadar mengingatkan performa KTM di MotoGP mengendur sejak seri Mandalika.

Pada seri pembuka yakni MotoGP Qatar 2022 Brad Binder berhasil finish kedua. Sementara Miguel Oliveira mencetak kemenangan fantastis di MotoGP Mandalika 2022.

Namun semenjak itu, kedua pembalap KTM gagal mengembangkan performa. Keduanya tidak bisa mendekati para pembalap terdepan.

Photo : @ktm_racing

Sementara dua pembalap rookie di tim Tech3 KTM masih berkutat di barisan paling belakang. Baik Remy Gardner maupun Raul Fernandez masih kesulitan menemukan performa maksimal KTM RC16.

Lalu pada MotoGP Belanda akhir pekan lalu produsen sepeda motor asal Austria tersebut seolah menemukan performa optimal. Binder mampu merangsek ke depan pada awal lomba dan bertarung bersama rider Ducati Jack Miller.

Binder juga menyisihkan Jorge Martin yang mulai kehilangan pace di akhir lomba. Sayangnya jelang balapan berakhir Ia dipaksa menyerah oleh Aleix Espargaro dengan Aprilia dan tengah on fire.

Sementara Oliveira menempati posisi sembilan setelah sempat mengalami insiden kecil dengan Joan Mir.

Di balik mulai bangkitnya KTM, seri balapan MotoGP masuk ke masa rehat musim panas. Namun para pembalap KTM dilarang berlibur alasannya untuk mengembangkan motor.

Photo : @ktm_racing

“Balapan kali ini adalah terobosan baru bagi kami, tapi kami masih harus mengolah data lebih teliti lagi. Kami masuk ke barisan terdepan dan menyudahi balapan hanya selisih tiga detik di belakang pemimpin lomba,” ucap Francesco  Guidotti, Team Manager KTM seperti dikutip Speedweek.

Menurutnya kecepatan KTM RC16 cukup baik kali ini. Sayangnya terdapat insiden kecil pada Oliveira sehingga fairing motornya rusak.

Jelang balapan pada paruh kedua MotoGP 2022, KTM akan melakukan persiapan matang. Mereka dikatakan cukup percaya diri untuk meraih hasil terbaik di sisa musim 2022.

“Sekarang kami bisa meningkatkan target lebih jauh. Saya bisa menjanjikan bahwa pembalap kami tidak akan pergi liburan pada masa rehat musim panas nanti,” tutur Pit Beirer, bos KTM Racing.

Artikel Terkait