Piala WSBK Mandalika Dibuat oleh Seniman Bali

Piala WSBK Mandalika merupakan hasil karya seni Tuksedo Studio Bali yang dibuat dengan simbol-simbol sirkuit tersebut

Piala WSBK Mandalika Dibuat oleh Seniman Bali
Photo: IMI

TRENOTO – Piala WSBK Mandalika merupakan hasil rancangan Tuksedo Studio Bali. Trofi ini memiliki filosofi yang fokus pada simbolisasi Mandalika sebagai sirkuit tempat terselenggaranya acara.

Tuksedo Studio Bali membuat piala untuk kejuaraan World Superbike 2021, World Supersport 2021, dan Asia Talent Cup 2021. Masing-masing trofi memiliki desain yang berbeda-beda dan unik.

Desain piala ini mendapat apresiasi dari Ketua Umum MPR RI Bambang Soesatyo yang juga menjabat sebagai Ketua Umum IMI.

“Trofi ini dibuat secara handmade oleh para seniman Indonesia di Tuksedo Studio Bali. Sehingga mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para juara yang menerimanya,” kata Bamsoet sapaan akrabnya melalui siaran resminya.

Dikatakan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi sebagai pekerja, partisipan aktif hingga penyelenggara ajang olahraga otomotif berskala inetrnasional.

Tuksedo Studio Bali sendiri merupakan unit usaha yang bergerak di bidang pembuatan kit car, modifikasi, kustomisasi hingga restorasi kendaraan. Trofi untuk Mandalika dibuat dengan menggunakan bahan dasar alumunium dan stainless steel.

Photo : IMI

“IMI senantiasa mendukung pelibatan UMKM industri dalam negeri untuk mendukung sarana dan prasarana setiap kejuaraan otomotif. Baik skala regional, nasional hingga internasional, pelibatan UMKM menjadi bukti karya mereka memiliki kualitas internasional,” jelas Bamsoet.

Ia menambahkan bahwa dukungan kepada UMKM merupakan bentuk dorongan untuk membuat kualitas dan produktivitas mereka lebih baik lagi.

Lebih lanjut Bamsoet menjelaskan selain melibatkan seniman asal Bali untuk menggarap trofi para pemenang di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), juga menggandeng banyak UMKM lain.

MGPA (Mandalika Grand Prix Association) selaku penyelenggara gelaran WSBK 2021 dan Asia talent Cup 2021, bekerjasama dengan 330 UMKM lokal di NTB. Ratusan UMKM tersebut menyediakan berbagai produk cinderamata khas nan unik.

Adapun mereka menawarkan seni kriya, kuliner, pakaian hingga aksesori berupa mutiara. Gerai-gerai UMKM ini tersebar di area sirkuit dan menempati posisi yang sudah disediakan pemerintah Provinsi NTB.

“Seluruh UMKM yang terlibat tidak dikenakan biaya maupun dipungut pajak. Mereka berjualan di sana secara gratis,” tuturnya kemudian.

WSBK Mandalika dan Asia Talent Cup 2021 sendiri berjalan cukup lancar. Meskipun pada Sabtu dan Minggu sore sempat dilanda hujan badai.

Artikel Terkait