Polda Metro Jaya Bakal Jinakkan Balap Liar di Sini

Polda Metro Jaya akan gelar balap jalanan di Ancol mulai tahun depan guna menjinakkan balap liar yang selama ini meresahkan

Polda Metro Jaya Bakal Jinakkan Balap Liar di Sini
Photo: NTMC Polri
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 24 Desember 2021 | 06:00 WIB

TRENOTO – Polda Metro Jaya akan menunjuk Ancol sebagai lokasi penyelenggaraan balapan yang diikuti oleh para pembalap jalanan. Ajang ini diharapkan bisa dilangsungkan mulai 15 Januari 2022 dengan format road race.

Selama ini balap liar memang selalu menjadi masalah tersendiri di Indonesia, khususnya Jakarta. Minimnya sirkut yang memadai ditambah dengan mahalnya harga membuat banyak orang memilih untuk mengikuti balap liar guna menyalurkan hobi kebut-kebutan mereka.

Kondisi Tersebut ingin diperbaiki oleh Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya dengan menggelar balap resmi yang dapat diikuti oleh pembalap jalanan. Dengan demikian diharapkan masalah balap liar akan terselesaikan.

Photo : NTMC

“Kenakalan remaja biasa dari zaman saya Kapolsek Tanah Abang tahun 2002 berarti 21 tahun lalu Setiap malam minggu di Jalan Asia Afrika dan Jalan Gerbang Pemuda itu saya dipusingkan balapan subuh dini hari. Karena di situ ada Hotel Mulia, 20 tahun lalu itu sudah ada,” ungkap Fadil.

Tak hanya itu, Polda Metro Jaya juga telah menggelar diskusi bersama perwakilan komunitas balap motor. Hasilnya, menyepakati balapan akan menggunakan konsep drag race sehingga diharapkan bisa diikuti lebih banyak pembalap.

“Lintasan yang kemarin kita survei dan sudah ada beberapa lokasi misalnya di BSD serta Ancol. Tapi Ancolnya di luar, pinggir kali bukan di dalam Kompleks Taman Impian Jaya Ancol,” ungkap Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes.

Dirlantas Polda Metro Jaya pun mengatakan bahwa ajang drag race tersebut diharapkan dapat mengubah stigma terhadap balap liar. Dia pun berharap drag race itu dapat menghilangkan aksi balap liar yang berada di Jakarta.

Photo : Humas Polri

“Tujuan utama atau goals-nya adalah kita berupaya dengan event seperti ini dan menyiapkan lokasi mereka untuk melaksanakan latihan bisa menghilangkan serta meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan sehingga dengan mewadahi mereka di satu tempat faktor safety-nya bisa kita tingkatkan,” terangnya.

Balap liar belakangan memang menjadi fokus masalah untuk ditemukan solusi oleh Kapolda Metro Jaya. Pasalnya kasus ini sudah terbilang sangat klasik dan terus berulang bahkan setiap akhir pekan. Dengan adanya fasilitas maka diharapkan bisa menjadi wadah bagi mereka yang ingin melakukan balapan.

Artikel Terkait