Polda Metro Jaya Luruskan Pernyataan Kapolda Tentang Formula E

Polda Metro Jaya menjelaskan maksud dari pernyataan Kapolda Metro Jaya terkait lokasi penyelenggaraan Formula E

Polda Metro Jaya Luruskan Pernyataan Kapolda Tentang Formula E
Photo: Jakarta.go.id

TRENOTO – Polda Metro Jaya meluruskan pernyataan dari Irjen Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya terkait Formula E. Lulusan Akpol 1991 ini sempat mengatakan bahwa Formula E akan diselenggarakan di Ancol, Jakarta Utara.

Pernyataan tersebut rupanya kurang tepat karena hingga kini Polda Metro Jaya masih belum mendapat informasi terkait lokasi penyelenggaraan Formula E. Padahal, untuk menyelenggarakan sebuah event, Polda Metro Jaya dipastikan akan terlibat.

Kombes Zulpan, Kabid Humas Polda Metro Jaya pun memberikan penjelasan terkait pernyataan tersebut. Menurutnya, maksud Kapolda adalah balap Formula E akan lebih semarak bila diikuti oleh balapan anak-anak muda yang berasal dari jalan raya.

Photo : 123RF

“Kalau Formula E diadakan di Jakarta, di suatu tempat, cuma kita tidak tahu tempatnya di mana. Cuma nanti akan diselingi dengan adanya lomba pebalap-pebalap yang selama ini balapan di jalan,” terangnya.

Lokasi Formula E Jakarta hingga saat ini memang masih menjadi misteri. Meski demikian, ada 5 lokasi yang telah dipertimbangkan yaitu Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), JIEXPO Kemayoran, kawasan Jakarta International Stadium (JIS) dan kawasan Ancol.

Dari kelima Kawasan tersebut, saat ini sudah mengecil menjadi 2 lokasi yaitu JIExpo Kemayoran dan kawasan Ancol. Rencananya pengumuman dari lokasi penyelenggaraan akan dilakukan pada 22 Desember 2021 atau selambat-lambatnya 23 Desember 2021.

Penentuan lokasi Formula E sendiri akan dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Setelah pengumuman dilakukan maka lokasi akan langsung dipoles sedemikian rupa agar bisa sesuai dengan aturan yang berlaku. Perbaikan tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan.

Photo : 123RF

Jakarta telah resmi menjadi tuan rumah penyelenggaraan ABB FIA Formula E yang akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan oleh FIA World Motor Sport Council di Paris 15 Oktober 2021.

Diharapkan dengan adanya Formula E di Jakarta bisa memberikan pandangan positif terhadap kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih saat ini masih banyak orang yang ragu akan perfoma dari kendaraan listrik.

Artikel Terkait