Porsche Hadirkan Mobil Balap Hybrid, Siap Unjuk Gigi di Daytona

Siap berlaga di Daytona 24 jam, tim Porsche Penske Motorsport resmi hadirkan mobil balap hybrid terbaru

Porsche Hadirkan Mobil Balap Hybrid, Siap Unjuk Gigi di Daytona
Photo: Autoblog

TRENOTO – Menjadi mobil balap hybrid terbaru milik tim Porsche Penske Motorsport, Porsche 963 siap melakukan aksinya di Daytona 24 Jam pada 2023. Berlangsung di Amerika Serikat, mobil tersebut memiliki beragam keunggulan, salah satunya tenaga yang mencapai 670 hp.

“Setelah 7.889 kilometer uji coba selama paruh pertama 2022, kami berada di jalur yang sangat baik, tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan sebelum awal musim depan," kata Thomas Laudenbach, Wakil Presiden Motorsport Porsche dalam pernyataan resminya belum lama ini.

Selain memiliki warna khas Porsche, mobil ramah lingkungan tersebut diharapkan mampu melanjutkan warisan mobil legendaris pabrikan seperti 917, 935, 956, 962 dan 919 Hybrid. 

"Saya yakin kami akan berada di posisi yang baik dalam hal teknologi dan kami juga telah menciptakan struktur tim yang relevan untuk mempersiapkan kami meraih kemenangan dalam persaingan yang mendebarkan antara pabrikan dan konsep yang berbeda,” ujarnya.

Photo : Autoblog



Debut balapan Porsche 963 rencananya akan berlangsung pada Januari 2023. Sebagai persiapan, Porsche Penske Motorsport menargetkan percobaan non-kompetitif di putaran final November ini di Bahrain.

Menjadi komponen penting pada kendaraan, kolaborasi dengan Michelin dan produsen sasis Multimatic resmi dilakukan. Harus dihomologasi musim gugur ini, Porsche 963 diharapkan lolos uji coba dan mendapatkan wawasan tambahan.

Pembalap yang terpilih di World Endurance Championship dan IMSA WeatherTech SportsCar Championship termasuk pembalap berpengalaman Kevin Estre (Prancis), Michael Christensen (Denmark), Andre Lotterer (Jerman), Laurens Vanthoor (Belgia), Matt Campbell (Australia ), Mathieu Jaminet ( Prancis) serta pembalap mobil berprestasi Dane Cameron (AS) dan Felipe Nasr (Brasil).

Photo : Autoblog



Pada fase pengembangan awal, Frederic Makowiecki akan memainkan peran kunci. Berlaga awal tahun depan,  pembalap Prancis tersebut akan mengemudikan meter pertama di Porsche 963 dan memulai putaran pertama pada simulator.

Pengumuman pembalap lain, termasuk untuk ketahanan di Daytona, Sebring dan Road Atlanta (Petit Le Mans) belum ada keputusan resmi. Terkait balap, Porsche Penske Motorsport telah menyiapkan empat model 963 agar bisa berlaga di Mooresville (North Carolina) dan Mannheim (Jerman). 

Sesuai peraturan LMDh (Le Mans Daytona Hybrid), Porsche 963 menggunakan sasis kategori LMP2. Untuk jantung pacunya, mobil ini disematkan mesin 4.6 liter V8 Biturbo. 

Artikel Terkait