Portugal Ditunjuk Sebagai Seri Pembuka MotoGP 2023

Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve Portugal akan menjadi seri pembuka MotoGP 2023 setelah Losail renovasi

Portugal Ditunjuk Sebagai Seri Pembuka MotoGP 2023
Photo: @the_vr46

TRENOTO – MotoGP 2023 tidak lagi dibuka dengan balapan malam hari di Qatar seperti biasanya. Sebagai gantinya Sirkuit Algarve, Portugal menjadi seri pembuka MotoGP 2023.

SIrkuit Losail, Qatar selama ini bertugas sebagai tuan rumah seri pembuka MotoGP sejak 2007. Balapan di sana selalu digelar pada malam hari sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.

Namun sirkuit tersebut masuk dalam jadwal renovasi besar-besaran. Dikabarkan bahwa siirkuit tersebut tengah melakukan renovasi dan rancang ulang kawasan paddock dan sejumlah fasilitas sirkuit.

Photo : motogp

Ubahan besar-besaran yang dilakukan sirkuit Losail, membuat Portugal maju sebagai seri pembuka MotoGP 2023. Diketahui bahwa pertama kalinya musim MotoGP bergulir perdana di Eropa.

“Grand Prix Portugal akan menjadi gelaran pertama kejuaraan dunia MotoGP 2023. Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve akan menjadi tuan rumah seri pembuka pada 24 – 26 Maret 2023,” tulis FIM seperti dikutip Autosport.

MotoGP memulai musim di Eropa dikatakan baru tiga kali selama lebih dari tiga dekade. Sementara Portugal akan menjalani pengalaman pertama menjadi pembuka musim.

Baca juga : Sah, Suzuki Resmi Pamit dari MotoGP dan EWC Akhir Musim 2022

Harapannya sebagai seri pembuka adalah terciptanya pemenang baru, mesin-mesin baru, pembalap baru dan piala-piala baru yang diberikan.

Adapun tes pramusim resmi terakhir dikabarkan akan digelar di Portimao. Tahun depan tes pramusim hanya digelar selama lima hari dan dua hari berada di Portugal, sementara sisanya belum ditentukan.

Selain itu, kalender balap musim depan juga belum diumumkan oleh pihak FIM.

Photo : MotoGP

MotoGP 2022 akan kembali bergulir akhir pekan ini dengan Inggris yang menjadi tuan rumah. Persaingan para pembalap masih cukup sengit, bahkan posisi lima besar masih memiliki peluang bermodalkan konsistensi.

Saat ini Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha masih berkutat di posisi teratas dengan raihan 172 poin. Sementara di posisi kedua ada Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing dan telah mengantungi 151 poin.

Urutan ketiga dihuni Johann Zarco dari tim Prima Pramac Racing 114 poin dan Francesco Bagnaia 106 poin diikuti Enea Bastianini dari Gresini Racing 105 poin. Kelima pembalap bisa mencuri kemenangan dan mencetak rekor baru.

Artikel Terkait