Presiden Jokowi Naik Podium di Jakarta E-Prix 2022

Presiden Jokowi Naik Podium di Jakarta E-Prix 2022 untuk menyerahkan trofi kemenangan kepada Mitch Evans

Presiden Jokowi Naik Podium di Jakarta E-Prix 2022
Photo: Twitter

TRENOTO – Presiden Jokowi naik podium untuk serahkan trofi pemenang Jakarta E-Prix 2022 kepada Mitch Evans. Ajang balap yang digelar di sirkuit Ancol, Jakarta Utara tersebut berlangsung meriah.

Pembalap dari tim Jaguar TCS Racing tersebut berhasil meraih kemenangan ketiganya di Formula E 2022. Membalap di sirkuit Ancol, Evans menuntaskan 40 lap dengan waktu tercepat 48 menit 28.424 detik.

Evans memenangkan balapan setelah mengalahkan Jean-Eric Vergne dari tim DS Techeetah. Lalu posisi ketiga dihuni oleh Edoardo Montara dari tim Rokit Venturi Racing.

Presiden Joko Widodo menyerahkan langsung piala kepada pemenang yakni Evans. Bedanya dari balapan di negara lain, pihak penyelenggara Jakarta E-Prix tidak menyediakan sampanye untuk merayakan kemenangan.

Photo : Setkab

Hal ini bukanlah yang pertama kalinya, karena ajang MotoGP dan Superbike di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu juga tidak menyediakan hal serupa.

Sementara Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta kebagian untuk menyerahkan piala kepada perwakilan tim Jaguar TCS Racing. Sekadar informasi, Jaguar TCS Racing keluar sebagai juara konstruktor Jakarta E-Prix 2022.

Dilansir Antara, Jokowi sempat menyampaikan apresiasi dan rasa syukurnya terkait suksesnya penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022.

“Ya Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan baik,” kata Presiden Joko Widodo usai lomba.

Ia menyatakan bahwa pada masa depan, akan ada pergeseran dari mobil mesin konvensional ke mobil listrik. Lalu ke depannya ajang ini dipastikan akan semakin digemari.

Ajang Jakarta E-Prix 2022 yang dinilai sukses menjadi catatan baru bagi Indonesia. Karena dengan acara tersebut, Federasi Otomotif Internasional (FIA) sudah mempercayai ajang balap mobil listrik.

Photo : Setkab

Adapun balap mobil listrik Formula E terselenggara sejak 2014. Jakarta sejatinya akan menjadi tuan rumah Formula E pada 2020.

Namun dikarenakan pandemi covid-19 yang menyebar sejak awal 2020 membuat perhelatan harus ditunda. Tuan rumah Indonesia sendiri gagal menjadi tuan rumah dan digantikan Jerman pada 2020.

Balap Formula E 2022 sendiri diramaikan 11 tim lalu terdapat 22 mobil dan 22 pembalap dari berbagai negara. Balapan mobil listrik Formula E selalu digelar dengan latar ikon kota untuk mengampanyekan elektrifikasi.

Artikel Terkait