Profil Fabio Quartararo Sang Juara Dunia MotoGP 2021

Fabio Quartararo sukses menjadi juara dunia MotoGP 2021 setelah melalui balapan yang penuh dengan cerita di MotoGP Emilia Romagna

Profil Fabio Quartararo Sang Juara Dunia MotoGP 2021
Photo: MotoGP

TRENOTO – Fabio Quartararo resmi menyandang gelar sebagai juara dunia MotoGP 2021. Titel tersebut diraihnya setelah menuntaskan balapan di MotoGP Emilia Romagna akhir pekan kemarin (24/10).

Pebalap asal Perancis ini menyandang gelar juara dunia MotoGP meskipun hanya finish keempat. Hal ini karena pesaing terdekatnya yakni Francesco Bagnaia terjatuh dipenghujung lomba.

Quartararo sendiri memulai lomba dari posisi ke-15. Pengguna nomor start 20 ini perlahan-lahan merangsek ke depan, sambil mendapat bantuan dari tumbangnya para pebalap lain.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha ini memecahkan berbagai rekor pribadi dan dunia. Seperti disebutkan laman MotoGP, Quartararo menjadi pebalap kelahiran Perancis pertama yang menjadi juara dunia MotoGP (era 4-Tak).

Profil Fabio Quartararo

Memulai balapan dari usia 15 tahun, Ia mendapat julukan yakni El Diablo pada ajang CEV Moto3. Ia menjadi juara di kejuaraan tersebut pada 2013 dan 2014.

Julukan tersebut terus digunakan hingga berkarir di kelas para raja yaitu MotoGP. Adapun julukannya sendiri berasal dari desain helm yang menggambarkan iblis.

Performa sang pebalap yang gesit membuat julukan El Diablo semakin pantas melekat padanya. Bahkan dirinya lebih akrab disapa sebagai El Diablo daripada nama aslinya.

Sebagai pembalap profesional, karir Quartararo tidak selalu mulus. Di ajang Moto3 bersama tim Estrella Galicia, Ia hanya bertengger di posisi ke-10 pada musim balap 2015.

Musim selanjutnya Ia pindah ke tim Leopard Racing selama satu musim saja. Bersama Leopard, dirinya hanya menempati posisi ke-13 di klasemen akhir.

Photo : MotoGP

Namun Quartararo mendapat kepercayaan untuk naik kelas pada musim selanjutnya. Pada Moto3 2017, Ia membela Pons Racing dan hasil akhirnya tidak menggembirakan karena bercokol di posisi ke-13.

Pada 2018 Ia memutuskan untuk membela tim Speed Up Racing. Hasilnya hanya sedikit lebih baik karena menempati urutan ke-10.

Berbekal penampilan yang biasa saja, Quartararo justru mendapat promosi dengan ditarik masuk MotoGP melalui tim Petronas SRT pada 2019. Tidak tanggung-tanggung, rekan Franco Morbidelli kala itu, mulai bersinar.

Quartararo selalu menjadi pembalap yang mampu menyaingi Marc Marquez di barisan terdepan. Ia menjadi pebalap termuda dalam sejarah yang menjadi polesitter (20 tahun).

Meskipun sudah kerap merepotkan Marquez di lintasan balap, namun dirinya masih belum bisa tampil konsisten. Walhasil dirinya hanya menempati posisi kelima pada klasemen akhir MotoGp 2019.

Pada MotoGP 2020, Marquez mengalami insiden yang membuatnya absen selama satu musim penuh. Sempat digadang-gadang akan menjadi juara dunia baru, namun inkonsistensi dirinya membuat Joan Mir yang merebut gelar juara dunia MotoGP 2020.

Pada musim 2021, menjadi titik balik Quartararo sebagai pebalap. Setelah diangkat menjadi pebalap pabrikan, Ia justru meraih gelar juara dunia pertamanya.

Pengganti Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha, Ia berhasil membuktikan kemampuannya kepada khalayak para penggemar balap di seluruh dunia. EL Diablo masih akan menjalani dua seri tersisa dengan titel baru yang melekat.

Biodata Fabio Quartararo

Nama Lengkap : Fabio Quartararo
Tempat, tanggal lahir : Nice, Perancis 20 April 1999 (22 tahun)
Kebangsaan : Perancis
Tinggi Badan : 177 cm
Tim : Monster Energy Yamaha MotoGP

Prestasi : Juara Dunia MotoGP 2021

Artikel Terkait