Quartararo dan Espargaro Tercecer, Bagnaia Menang MotoGP Inggris

Bagnaia menang di MotoGP Inggris 2022 setelah memimpin hampir separuh balapan setelah Zarco terjatuh di lap awal

Quartararo dan Espargaro Tercecer, Bagnaia Menang MotoGP Inggris
Photo: @DucatiCorse

TRENOTO – Meski start dari posisi terdepan dan berhasil memimpin balapan di lap-lap awal, Johann Zarco dari Pramac Ducati tidak bisa memenangkan MotoGP Inggris 2022. Pemenang di seri ini diraih oleh Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo yang berhasil mencatatkan waktu tercepat 40 menit 10. 260 detik.

Sementara itu posisi kedua diisi oleh Maverick Vinales (Aprilia Factory) dan Jack Miller (Ducati Lenovo) di peringkat ketiga. Dengan hasil ini maka Franscesco Bagnaia telah berhasil mengoleksi empat kemenangan di musim 2022.

Capaian tersebut cukup untuk membuatnya duduk di posisi ketiga klasemen sementara dengan catatan poin 131. Sementara peringkat pertama masih diisi oleh Fabio Quartararo (Monster Yamaha) yang hanya berhasil finish di peringkat 8.

Photo : MotoGP

Jalannya balapan sebenarnya terbilang cukup seru sejak awal balapan. Johann Zarco berhasil melakukan start yang baik dan langsung memimpin jalannya balapan diikuti oleh Quartararo.

Namun pembalap asal Perancis tersebut harus mendapatkan penalti pada lap keempat sehingga membuatnya turun ke posisi lima. Drama tidak berakhir di sana karena Zarco pun terjatuh pada lap lima, tepatnya di tikungan delapan sehingga tidak dapat melanjutkan balapan.

Tersingkirnya Zarco pun dimanfaatkan oleh Miller yang langsung menempati posisi pertama. Namun kondisinya pun tidak aman karena Alex Rinx dari Suzuki pun berusana untuk mengejar posisi terdepan.

Tekanan yang terus diberikan berhasil dimanfaatkan oleh Rins dan pada lap keenam Ia berhasil duduk di posisi terdepan. Posisi Miller kemudian kembali turun setelah Bagnaina menyusulnya tak lama kemudian.

Di lap 10, Rins mulai mendapat tekanan dari Bagnaina disusul oleh Miller. Upaya Bagnaia mulai terlihat hasilnya pada lap 12 karena Ia berhasil meraih posisi terdepan dan pada lap 14, Miller berhasil duduk di posisi kedua.

Pada lap 15 kecelakaan kembali terjadi kali ini Joan Mir dari Suzuki terjatuh di tikungan 7. Pada lap yang sama, Vinales telah masuk posisi ketiga.

Photo : @DucatiCorse

Miller harus merelakan posisi kedua pada Vinales pada lap 18. Pembalap tersebut pun sempat memberi tekanan di lap 19, sayang upayanya gagal hingga balapan berakhir dan Bagnaia menang di MotoGP Inggris.

Artikel Terkait