Quartararo Desak Yamaha untuk Kalahkan Bagnaia

Fabio Quartararo mendesak Yamaha untuk melakukan pengembangan mesin demi mendapatkan tenaga motor lebih baik

Quartararo Desak Yamaha untuk Kalahkan Bagnaia
Photo: MotoGP

TRENOTO – Fabio Quartararo baru saja menguji beberapa komponen baru pada Yamaha YZR-M1. Calon juara dunia MotoGP 2021 ini juga mencoba motor barunya untuk musim depan.

Dalam kesempatan ini, pembalap utama tim Monster Yamaha berharap mendapatkan motor yang lebih kencang. Pembalap asal Perancis ini mendorong Yamaha melakukan inovasi untuk menaikkan tenaga maksimal motornya untuk musim depan.

Seperti diketahui pada paruh kedua MotoGP 2021, jalan Quartararo untuk meraih gelar juara dunia pertamanya kerap dihadang Francesco Bagnaia. Bagnaia yang menggunakan motor Ducati Desmosedici telah menemukan performa optimal.

Terlebih dalam seri Misano yang diselenggarakan pada akhir pekan kemarin. Terlihat Quartararo harus cerdik dalam menerapkan strategi balap, agar bisa bersaing dengan Bagnaia.

Melalui strategi ban yang berbeda, pengganti Valentino Rossi ini harus ekstra sabar menunggu lawannya mulai kehabisan grip ban. Meskipun pada akhirnya, strateginya hanya menempatkan dirinya di posisi kedua.

Menjalani sesi tes di Misano tengah pekan lalu, pembalap dengan nomor start 20 ini berharap Yamaha melakukan pengembangan mesin. Ia pabrikan motor berlambang garpu Tala ini memberikan sedikit ekstra tenaga pada motornya tahun depan.

Photo : MotoGP

“Motor ini masih prototipe, jadi masih baru dan butuh waktu untuk terbiasa, meskipun relatif sama. Mesinnya sudah oke dan sasisnya juga sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang harus dikembangkan. Saya berharap tenaga lebih besar sedikit dan mudah-mudahan pada test Jerez sudah selesai,” ucap Quartararo seperti dikuti Crach.net.

Untuk bisa melawan Ducati yang belakangan semakin kencang dan stabil, Quartararo sepenuhnya bergantung pada tenaga mesin. Karena Bagnaia sebagai pembalap sudah cukup matang mentalnya.

Meningkatnya kemampuan Bagnaia membuat Ia semakin sulit ditaklukkan. Terlebih di sirkuit yang paling dikuasainya seperti di Misano akhir pekan kemarin.

“Saat saya mengendarai motor baru (2022), saya tidak bisa berbuat banyak. Karena saya ingin fokus pada motor saat ini dan melakukan beberapa pengembangan,” jelasnya.

Quartararo mencoba swingarm, rear spring dan beberapa komponen lainnya. Ia hendak meningkatkan kemampuan motor agar bisa melawan Bagnaia dan para pembalap Ducati lain di sisa musim MotoGP 2021.

Saking banyaknya komponen yang dicoba oleh sang pembalap, Quartararo terlihat sangat serius untuk mendapatkan gelar pertamanya di kelas para raja.

Artikel Terkait