Ridwan Kamil Janjikan Desain Ulang Sirkuit Sentul

Gubernur Jawa Barat berjanji akan mendesain ulang sirkuit sentul sehingga bisa menggelar balapan kelas internasional kembali

Ridwan Kamil Janjikan Desain Ulang Sirkuit Sentul
Photo: 123RF

TRENOTO – Sirkuit Sentul di Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan didesain ulang pada 2022 untuk bisa menggelar balapan sekelas internasional kembali.

Seperti diketahui, Sentul merupakan sirkuit internasional pertama yang dimiliki Indonesia. Namun seiring dengan waktu berlalu, kondisinya mulai terlihat ketinggalan zaman.

Beberapa fasilitas sirkuit bahkan tampak usang sehingga bagai kehilangan tajinya sebagai sirkuit internasional. Padahal sirkuit yang diresmikan pada 1992 ini pernah menggelar event sekaliber MotoGP.

Menanggapi kondisi tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana untuk mendesain ulang sirkuit. Rencana ini terinspirasi dari Presiden Joko Widodo yang berhasil menyulap Mandalika.

“Tahun depan di sini akan rebound dan didesain ulang menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Kalau NTB punya Mandalika, maka Jabar punya West Java Sentul International Circuit,” ujar Ridwan seperti dikutip Antara.

Ia berharap dengan peremajaan sirkuit, Sentul bisa menggelar kembali balapan kelas internasional. Sejalan dengan hal tersebut perekonomian dan pariwisata masyarakat dapat meningkat.

Rencana Gubernur Jawa Barat tersebut disambut baik oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. Ia mendukung penuh rencana untuk merancang ulang sirkuit internasional pertama di Indonesia.

Photo : Antara

“Tadi sudah terdengar pak Gubernur (Jabar) menyampaikan tekadnya bahwa sirkuit ini akan rebound. Akan direnovasi menjadi sirkuit terdepan, kita harus dukung,” ungkap pria yang akrab disapa Bamsoet.

Sirkuit Sentul berdiri di atas lahan seluas 75 hektare dan akan dirancang ulang seluruhnya. Konsultan internasional Populous akan menjadi otak dari pembangunannya.

Konsultan tersebut telah memiliki pengalaman dalam merancang beberapa sirkuit internasional. Karyanya antara lain Silverstone Circuit, Alabama Motorsport Park, Dubai Autodrome and Business Park, Iceland Motopark, Circuit of Wales,hingga The London Grand Prix.

“Panjang lintasan sirkuit yang mencapai 4.198 km akan di-upgrade sehingga bisa digunakan untuk menyelenggarakan Formula 1 sekaligus MotoGP. Selain itu akan dilakukan pembangunan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar internasional,” jelasnya kemudian.

Pembangunan fasilitas pendukung sirkuit meliputi Pit Building, Race Control Tower, (Tribune A, B, C D), Paddock Support Building, Paddock Circuit, Helipad dan parkir.

Tidak hanya itu, Bamsoet juga mengatakan bakal menyediakan ruang untuk para pelaku UMKM. Sehingga fungsinya sebagai entertainment dan lifestyle akan semakin lengkap.

Artikel Terkait