Rifat Sungkar Membeberkan Syarat Jadi Navigator Reli

Rifat Sungkar membeberkan syarat jadi navigator reli dan ternyata tidak mudah karena bisa fatal jika salah memberikan informasi

Rifat Sungkar Membeberkan Syarat Jadi Navigator Reli
Photo: Istimewa

TRENOTO – Peran navigator atau biasa juga disebut co-driver di ajang reli mungkin masih banyak yang memandang sebelah mata. Anekdot bermunculan dan yang paling sering terdengar, "mau siapa navigatornya, kalau pebalap atau pengemudinya jago udah pasti juara"

Hal tersebut tentu jauh dari kata benar. Karena navigator punya andil besar terutama dalam hal menavigasi atau memberikan arahan serta informasi saat balapan, artinya salah memberikan data fatal akibatnya. 

Rifat Sungkar, pereli nasional yang sudah malang melintang di ajang reli nasional juga internasional membeberkan betapa besar peran navigator. Jadi bukan sembarang orang bisa duduk di kursi penumpang depan mobil balap reli, harus memiliki skill juga pengalaman.

Syarat Jadi Navigator

Syarat jadi navigator menurut Rifat terdiri dari beberapa hal. Dan yang pertama karakter atau pribadinya harus tenang.

"Navigator itu pertama orang yang sangat tenang dalam menghadapi situasi under pressure juga tidak emosional. Jadi dalam situasi tertentu, bahaya jika navigatornya panik karena otomatis drivernya juga ikutan panik," jelas Rifat kepada TrenOto.

Photo : Istimewa

Syarat berikutnya menurutnya adalah orang yang bisa dengan baik memperhitungkan orientasi jarak. Selanjutnya adalah orang yang bisa mengorientasi kontur jalan karena jika tersesat. Navigator adalah orang pertama yang harus mengerti arah mana mobil harus berjalan. Dan tidak mudah menentukan menentukan arah jalan saat mobil kehilangan kontrol lalu ingin kembali ke lintasan.

"Selain itu navigator harus punya skil komunikasi yang benar. Karena saat balap, semakin dalam kecepatan tinggi, intonasi, emosi dan deskripsi yang jelas dari co-driver sangat dibutuhkan, ia akan berbicara lebih pelan untuk menjelaskan kondisi tikungan di depan. Jika panikan, tentu susah untuk mengucapkan petunjuk dengan jelas dan bisa dimengerti oleh driver," kata Rifat.

Artikel Terkait