Rossi Jajal BMW M4 GT3 di Catalunya

Valentino Rossi jajal BMW M4 GT3 sebagai ganti dari Audi R8 LMS GT3 Evo II yang selesai kontraknya musim depan

Rossi Jajal BMW M4 GT3 di Catalunya
Photo: Twitter

TRENOTO – Valentino Rossi jajal BMW M4 GT3 sebagai bagian dari sesi tes pra musim. Mantan pembalap MotoGP tersebut melakukan uji coba dengan mobil baru yang diduga akan menjadi tunggangannya musim depan.

Sekadar informasi bahwa pasca pensiun dari MotoGP, Rossi tidak beranjak dari dunia balap. Ia memutuskan untuk beralih menjadi pembalap mobil di kejuaraan GT World Challenge Europe.

Juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut meyakini dirinya masih kompetitif di kejuaraan balap mobil. Musim ini Rossi menggunakan Audi R8 LMS GT3 Evo II.

Photo : twitter

Pembalap berjuluk The Doctor tersebut memang belum menuai prestasi di kejuaraan GT World Challenge Europe. Namun tim tempatnya bernaung sudah menebar isyarat bahwa Rossi akan ikut dalam rencana masa depan.

Rossi sendiri bergabung dengan tim WRT dan telah berkomitmen menggunakan Audi selama belasan musim. Namun kerjasama keduanya akhirnya selesai setelah 13 musim bersama dan digantikan oleh BMW.

Tim WRT akan memulai armada baru yakni BMW M4 GT3 pada kejuaraan World Sports Car Championship (WEC) mulai 2024. Vincent Vosse selaku bos tim WRT membenarkan bahwa pihaknya akan menggunakan BMW mulai musim depan atau 2023.

Baca juga : Valentino Rossi Nongol di MotoGP Portugal 2022

“Saya bisa konfirmasi bahwa kami akan menggunakan BMW GT3 tahun depan. Yang saya tidak bisa katakan adalah seperti apa nanti programnya,” tutur Vosse seperti dikutip Motorsport.com.

Pihak WRT menandai kerjasama baru dengan BMW melalui sesi tes resmi di sirkuit de Barcelona, Catalunya. BMW M4 GT3 yang digunakan menggendong mesin 3.0L enam silinder segaris turbocharger.

Photo : twitter

Mesinnya dipercaya mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 590 hp. Output jantung pacu BMW sedikit lebih besar daripada Audi R8 LMS GT3 Evo II yakni 585 hp.

“Ini adalah percobaan pertama, kami ingin mengetahui lebih banyak tentang kendaraan. Kami juga hendak mencari tahu sejauh mana bisa mengembangkan potensi mobil,” jelas Vosse seperti dikutip Speedweek.

Pada sesi uji coba kali ini, tim WRT memboyong dua BMW M4 GT3. Kedua mobil dicoba oleh Valentino Rossi dan Jean-Baptiste Simmenauer dan Thomas Neubauer.

Artikel Terkait