Sirkuit Mandalika Bakal Jadi Tuan Rumah Balap Supercar

Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk dalam kalender balap GT World Challenge Asia musim ini

Sirkuit Mandalika Bakal Jadi Tuan Rumah Balap Supercar
Photo: GT World Challenge Asia

TRENOTO – Popularitas sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin melejit, setelah menjadi tuan rumah berbagai ajang balap internasional. Satu yang telah terselenggara adalah gelaran World Superbike (WSBK) pada November lalu.

Tidak berhenti di situ, sirkuit jalanan ini akan menjadi tuan rumah MotoGP 2022 pada Maret mendatang. Bahkan Mandalika akan menjadi ajang sesi uji coba pramusim para pebalap kelas dunia tersebut.

Atas popularitasnya tersebut, sirkuit tersebut dikabarkan masuk ke dalam kalender ajang GT World Challenge Asia 2022. Mandalika akan bergabung dengan dua sirkuit baru lainnya yakni Sugo dan Okayama.

Sekadar informasi, GT World Challenge Asia merupakan ajang balap ketahanan selama 12 jam. Musim ini terdapat enam sirkuit alias enam seri yang akan diselenggarakan.

Balapan perdana musim ini akan digelar pada sirkuit Sepang, Malaysia pada 20 – 22 Mei 2022. Lalu berlanjut di sirkuit Suzuka, Jepang pada 15 – 17 Juli mendatang.

Seri selanjutnya masih berlanjut di Jepang dengan menggunakan sirkuit Fuji International Speedway pada 22 – 24 Juli 2022. Lalu masih di negeri Sakura, tepatnya di Sportsland Sugo pada 19 – 21 Agustus 2022.

Photo : Antara

Selanjutnya sirkuit Mandalika, Lombok akan menjadi tuan rumah pada 21 – 23 Oktober 2022 dan merupakan seri penutup.

“Sudah dua tahun rasanya sejak SRO Motorsport Group menggelar balapan di Asia dan akhirnya kami kembali dengan ide dan kalender baru,” ucap Benjamin Franassovici, Co-Director Championship GT World Challenge Asia.

Ia menuturkan bahwa sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru, dengan desain yang luar biasa dan layak untuk menggelar balapan sekaliber GT World Challenge.

Layaknya balap ketahanan, nantinya akan ada dua pebalap dalam satu tim. Mereka akan saling bergantian memacu mobilnya.

Adapun balapan sendiri digelar atas empat kelas yakni GTC dan GT 2 yang menjadi kelas baru. Lalu kategori lainnya adalah GT3 dan GT4.

Hingga saat ini belum diketahui mobil-mobil dari peserta balapan. Namun sebagai catatan, pada musim 2019 beberapa supercar ikut serta meliputi Lamborghini, Ferrari, Mercedes-AMG, hingga Porsche.

Artikel Terkait