Sirkuit Mandalika Kini Punya Nama Baru

Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat punya nama baru setelah sepakat menjalin kerja sama dengan Pertamina sebagai sponsor

Sirkuit Mandalika Kini Punya Nama Baru
Photo: antara

TRENOTO – Sirkuit Mandalika kini memiliki nama baru setelah adanya kesepakatan masuknya Pertamina sebagai sponsor. Sirkuit internasional tersebut akan menggelar balap World Superbike (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022.

Nama baru tersebut diresmikan kemarin (07/10) dengan seremonial penandatanganan perjanjian kerja sama antar kedua belah pihak. Sirkuit Pertamina Mandalika International Street diharapkan bisa mendorong majunya sektor pariwisata di Lombok dan sekitarnya.

Ajang WSBK sendiri sejatinya akan diselenggarakan pada 19 – 21 November 2021. Seri Mandalika sendiri diundur satu pekan dari sebelumnya 12 – 14 November 2021 karena mempertimbangkan urusan logistik.

Lalu MotoGP melalui laman resminya baru mengumumkan kalender provisional untuk musim balap 2022. Sirkuit Pertamina Internasional Mandalika dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah pada 20 Maret 2022.

Sirkuit Pertamina Mandalika akan menjadi seri kedua setelah Qatar sebagai pembuka pada 6 Maret 2022. Sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa tenggara Barat (NTB) ini sendiri memiliki panjang lintasan 4.3 kilometer.

Selain menggelar balapan, Mandalika juga akan menjadi ajang tes pramusim yang digelar pada 11 – 13 Februari 2022. Sebelumnya para pembalap menggeber motornya pada sesi tes pramusim di Sepang, Malaysia.

Kesiapan Sirkuit

MGPA (Mandalika Grand Prix Association) mengatakan bahwa proses persiapan sirkuit telah mencapai 100 persen. Pihaknya mengatakan saat ini tengah mempersiapkan untuk menggelar seri Asia Talent Cup pada 12 – 14 November 2021.

“Kami akan terus berbenah diri sejak tahun pertama hingga sepuluh tahun ke depan, sehingga Pertamina Mandalika Internasional Street Sircuit ini akan menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kelas dunia,” ucap Happy Harinto, Direktur Strategi dan Komunikasi MGPA seperti dikutip Antara.

Photo : istimewa

MotoGP akan menggelar 21 seri balapan pada 2022. Jumlah ini dikatakan sebagai rekor baru karena pada tahun ini balapan hanya berjumlah 18 seri saja setelah beberapa sirkuit mengundurkan diri.

Selain Mandalika, Finlandia juga akan melakukan debutnya sebagai penyelenggara dengan sirkuit KymiRing. Negara tersebut akan menjadi tuan rumah pada seri ke-13 pada 10 Juli 2022.

Dikatakan bahwa sejumlah pabrikan telah merasakan lintasan balap di sirkuit KymiRing, Finlandia. Sehingga para pembalap telah memiliki informasi seputar sirkuit.

Artikel Terkait