Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi FIM

Sirkuit Mandalika telah mendapat homologasi dari FIM sehingga sudah mendapat izin menggelar balapan internasional

Sirkuit Mandalika Lolos Homologasi FIM
Photo: Antara

TRENOTO – Sirkuit Mandalika dikatakan telah lolos homologasi dari Federation Internationale de Motorcylisme (FIM), jelang gelaran World Superbike. Hal ini diumumkan oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Keputusan ini keluar setelah inspeksi lapangan yang dilakukan oleh FIM pada Kamis (18/11/2021). Hasil tersebut sekaligus menyatakan bahwa sirkuit baru kebanggaan Indonesia, layak untuk menggelar FIM Superbike Wold Championship (WSBK) 2021 akhir pekan ini.

“Ini adalah kabar gembira bagi kita semua dan sebuah kebanggaan yang besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit yang baru. Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balap motor internasional,” kata Ricky Baherramsjah, Direktur Utama MGPA.

Untuk diketahui pembangunan sirkuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut dirampungkan dalam waktu 14 bulan. Homologasi merupakan proses penilaian semua aspek terhadap balap standar.

Adapun standarnya sendiri telah ditentukan sebelumnya. Dalam hal ini sirkuit harus mendapatkan homologasi untuk mendapatkan izin untuk menggelar balapan.

Photo : Antara

Untuk kategori sirkuit internasional, homologasi meliputi beberapa aspek seperti aspal trek, area run-off, pagar pembatas, pit building, hingga fasilitas kesehatan di sirkuit yang diperlukan demi membuat event balapan tetap aman.

“Selesainya homologasi, memacu semangat kita untuk semakin all out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK yang berlangsung kali ini. Saat ini seluruh peralatan sudah siap dan lengkap, perangkat penyelenggara juga pendukung balapan juga sudah siap,” jelas Ricky.

Sekadar informasi, sirkuit ini akan menjadi seri pamungkas WSBK 2021 atau yang ke-13 musim ini. WSBK Mandalika sendiri akan menjadi ajang pertaruhan penentuan gelar juara dunia, antar dua pebalap di dua peringkat teratas di klasemen sementara.

Toprak Razgatlioglu dari tim Pata Yamaha akan bertarung sengit dengan juara dunia bertahan Jonathan Rea dari Kawasaki Racing team. Kedua pebalap saat ini hanya selisih 30 poin di klasemen sementara.

Pada WSBK, dalam satu seri setiap pebalap bisa merebutkan 62 poin secara maksimal. Adapun dalam satu seri, para rider harus menjalani dua balapan dan satu superpole.

Tidak hanya menggelar balapan WSBK, sirkuit Mandalika Lombok akan menggelar MotoGP pada 20 Maret 2022. Sirkuit yang berada di KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) ini memiliki panjang lintasan 4.31 km dengan 17 tikungan.

Artikel Terkait