Spesifikasi KTM RC16 Miguel Oliveira yang Taklukan Mandalika

Spesifikasi KTM RC16 yang digunakan oleh Oliveira di MotoGP Mandalika berhasil menjadi sorotan karena memiliki perfoma tinggi

Spesifikasi KTM RC16 Miguel Oliveira yang Taklukan Mandalika
Photo: MotoGP

TRENOTO – Kemenangan Miguel Oliveira dari tim Red Bull KTM Factory Racing menjadi perhatian khusus dari masyarakat Indonesia. Maklum, Ia adalah pebalap MotoGP pertama yang berhasil menaklukan sirkuit Mandalika.

Start dari posisi ketujuh, Ia kemudian berhasil merangsek ke posisi kedua pada awal balapan dan meraih posisi pertama pada akhir lap pertama. Ia hanya sempat kehilangan posisi pertama pada pertengahan balapan saat disusul oleh Jack Miller dari Ducati.

Oliveira pun berhasil meraih kemenangan dengan jarak 2.2 detik dibanding rival terdekatnya, Fabio Quartararo. Jauhnya jarak tersebut pun membuat banyak masyarakat yang tertarik pada spesifikasi sepeda motor miliknya.

Photo : MotoGP

Pada balap MotoGP Mandalika, Oliveira menggunakan KTM RC16 yang sejatinya tidak mengalami perubahan besar bila dibandingkan motor musim lalu. KTM hanya melakukan beberapa pengembangan pada sisi aerodinamikanya.

Untuk jantung pacu, sepeda motor tunggangannya menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1.000 cc. Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 265 hp dan mencapai kecepatan maksimal hingga 340 Km/jam.

Sementara untuk kapasitas bahan bakar, KTM RC16 mampu menampung hingga 22 liter bensin. Jumlah tersebut tentunya cukup bila digunakan saat balapan hingga puluhan lap sekalipun.

Photo : MotoGP

Oliviera pun dimanjakan dengan beragam sistem elektronik dari Magneti Marelli untuk memudahkannya mengoptimalkan sepeda motornya. Sebut saha drive-by wire, engine braking, quickshifter, traction control, wheelie control, pit lane limiter dan launch control.

KTM pun telah menyematkan sasis baja, swingarm karbon fiber serta suspensi depan belakang dari WP Suspension. Kombinasi tersebut terbukti membuat sepeda motor berbobot 157 kg ini efektif melintasi sirkuit Mandalika.

Agar dapat melakukan pengereman optimal, KTM RC16 dibekali oleh rem Brembo dengan kaliper alumunium dan cakram karbon. Sepeda motor juga dibekali oleh pelek forged nagnesium berukuran 17 inci sera ban basah dari Michelin.

Melalui spesifikasi KTM RC16 dikombinasikan kemampuan Oliveira yang memang cukup tangguh di lintasan basah, tidak akan mengherankan bila Ia berhasil menguasai jalannya balapan. Dalam balapan pada 20 Maret 2022 tersebut, Ia berhasil menjadi pemenang dalam catatan waktu 33 menit 27.223 detik.

Artikel Terkait