Strategi Polri Cegah Kemacetan Akibat WSBK Mandalika

Korps Lalu Lintas Polri menyiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas untuk cegah kemacetan akibat WSBK Mandalika

Strategi Polri Cegah Kemacetan Akibat WSBK Mandalika
Photo: Antara

TRENOTO – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri cegah kemacetan dengan memberlakukan rekayasa lalu lintas, menghadapi World Superbike di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. WSBK Mandalika yang digelar pekan ini mendatangkan puluhan ribu penggemar balap dari berbagai penjuru bumi.

Sirkuit baru kebanggaan Indonesia tersebut akan menampilkan para pebalap profesional dari berbagai negara. Meskipun jumlah pengunjung dibatasi, namun hal ini tidak mengurangi minat dari penggemarnya.

Seperti disebutkan di atas, Mandalika baru pertama kalinya memiliki sirkuit berkelas internasional. Sirkuit yang dibangun di kawasan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) ini diprediksi akan kewalahan menghadapi para pengunjung tanpa adanya rekayasa lalu lintas.

“Untuk rekayasa lalu lintas, terutama untuk parkir, para pengunjung yang datang dari arah bandara akan diarahkan ke parkir timur. Jadi tidak bisa langsung ke sirkuit,” kata Brigjen Pol AAN Suhanan, dalam keterangan tertulisnya seperti dikuti Antara.

Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan dari kelas yang berbeda-beda. Balapan akan dimulai dari Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang sempat tertunda, lalu dilanjutkan WorldSSP 300 dan 600 kemudian ada kelas utamanya yakni WSBK.

Jumat kemarin para pebalap sudah melakukan serangkaian latihan bebas untuk pengenalan sirkuit. Dalam rangkaian acara ini, terdapat setidaknya 7 pebalap asal Indonesia yang berlaga di Mandalika.

Photo : ahm

Para pengunjung sirkuit Mandalika akan dipandu untuk bisa masuk ke dalam kawasan tersebut. Skemanya sudah diatur sedemikian rupa oleh Korlantas Polri.

“Dari parkir timur lalu para pengunjung naik shuttle bus menuju sirkuit. Begitu pula untuk sekat barat jadi ada dua tempat parkir yakni barat dan timur. Itu kita atur agar tidak menimbulkan kemacetan di sekitar sirkuit,” jelasnya kemudian.

Nantinya para pengunjung akan diberikan gelang setelah menukarkan tiket kepada panitia. Gelang tersebut juga diberikan pada masyarakat sekitar agar tetap bisa keluar dan masuk kawasan.

Ia menyebutkan bahwa pihak Korlantas Polri telah menyiapkan berbagai skema pengaturan lalu lintas.

“Untuk contra flow itu situasional, pada saat pulang apabila arus padat, maka akan diberlakukan one way menuju arah bandara. Ini sudah memasuki hari pertama, alhamdulilah sudah berjalan dengan baik. Masih ada sisa dua hari dan masyarakat antusias mendukung pelaksanaan Superbike ini,” tuturnya.

Artikel Terkait