Street Race Polda Metro Jaya Bakal Hadir di BSD Bulan Depan

Street Race Polda Metro Jaya akan digelar di kawasan lainnya dan paling pertama akan menyambangi BSD

Street Race Polda Metro Jaya Bakal Hadir di BSD Bulan Depan
Photo: pribadi

TRENOTO – Street Race Polda Metro Jaya sukses menghadirkan ratusan pebalap jalanan dalam kesempatan latihan bersama (latber) Minggu, 16/01/2022. Meskipun sempat diguyur hujan deras, namun tidak mengurangi animo para peserta maupun penonton.

Digelar di Ancol, Jakarta Utara, lintasan balap Street Race Polda Metro Jaya sebenarnya masih jauh dari sempurna. Trek yang bumpy (bergelombang) bahkan di beberapa bagian terdapat genangan air.

Namun ajang tersebut tidak mengurangi minat para pebalap jalanan yang ikut serta dalam kesempatan kali ini. Seperti disebutkan di atas, gelaran kali ini merupakan latihan bersama alias bukan perlombaan.

Sehingga tidak ada penentuan pemenang bahkan catatan waktu setiap peserta juga diabaikan. Walaupun pihak Kepolisian menyediakan banyak hadiah yang diundi mulai dari komponen sepeda motor hingga sepeda motor.

Tercatat gelaran Street Race Polda Metro Jaya akhir pekan kemarin, berhasil mendatangkan 350 pebalap jalanan dan lebih dari 1.500 orang penonton yang memadati kawasan Ancol.

Untuk bisa mengikuti Latber Street Race Polda Metro Jaya, peserta dipungut biaya Rp100 ribu. Adapun biaya tersebut digunakan untuk membayar tiket masuk ancol baik orang maupun motornya dan asuransi.

Photo : pribadi

Event ini bisa dibilang ajang balap motor semi resmi. Dikarenakan aturan yang harus diikuti para pebalap cukup sederhana seperti menggunakan helm full face, sepatu dan sarung tangan.

Para pebalap tidak perlu menggunakan wearpack dan pelindung lainnya. Panjang lintasan balap juga 500 meter yang tidak ada di aturan balap resmi manapun di dunia.

Namun pada ajang ini para pebalap jalanan harus beradaptasi dengan sistem start model Staging light atau biasa dikenal dengan christmas tree.

Street Race Polda Metro Jaya di BSD

Berkaca dari suksesnya acara akhir pekan kemarin, Polda Metro Jaya berencana untuk melanjutkan ke daerah lainnya. Hal ini untuk memfasilitasi para pebalap liar dalam menyalurkan hobinya.

“Ke depan tentu kita akan adakan event serupa, mencoba di lintasan-lintasan dan daerah-daerah lainnya. Sehingga para komunitas balap yang di Tangerang, Bekasi dan Depok ada tempatnya,” ucap Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya kepada TrenOto (Minggu, 16/01/2022).

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan menyelenggarakan event serupa di kawasan Tangerang. Lokasinya sudah ditentukan dan segera direalisasikan.

“Mudah-mudahan dengan digelar secara rutin balapan liar bisa hilang dan hadir bibit-bibit pebalap. Insya Allah bulan depan kita akan menggelar di BSD, sudah ada lokasinya nanti akan kita survey,” jelasnya kemudian.

Artikel Terkait