Street Race Polda Metro jaya Berhasil, Balap Liar Menurun

Jumlah laporan balap liar menurun di DKI Jakarta setelah adanya street race Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu

Street Race Polda Metro jaya Berhasil, Balap Liar Menurun
Photo: Pribadi

TRENOTO – Ajang street race yang digelar oleh Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu diklaim berhasil membuat balap liar menurun khususnya di DKI Jakarta. Sejak diumumkannya balap street race, para pebalap jalanan pun langsung fokus untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Meski tidak ada hadiah untuk pemenang, penyelenggaraan dinilai cukup sukses. Terlebih, jumlah peserta dalam street race mencapai target yang diharapkan yaitu 350 pebalap dari berbagai kelas.

“Setidaknya mulai Desember 2021 sampai 15 Januari 2022, belum ada laporan lagi balap liar di jalanan di lokasi yang selama ini kami tenggarai ada balapan liar. Sepertinya sudah agak jauh menurun,” terang Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Photo : pribadi

Keberhasilan penyelenggaraan street race di Ancol membuat Ditlantas Polda Metro Jaya berencana menggelar kegiatan serupa bulan depan. Bahkan Ditlantas Polda Metro Jaya bersama pihak terkait sedang mengkaji beberapa lokasi baru di Depok, Bekasi dan Tangerang.

Meski Street Race hanya berlangsung 1 hari, Ia berharap ke depannya penyelenggaraan bisa lebih lama. Dengan demikian jumlah peserta yang ikut berkompetisi bisa menjadi lebih banyak ketimbang saat pertama kali diselenggarakan.

“Kalau dimungkinkan jumlah peserta akan lebih banyak dan berlangsung selama dua hari,” tambah Dirlantas Polda Metro Jaya.

Balap Jalanan untuk Mobil

Photo : NTMC Polri

Kesuksesan street race tersebut pun membuat komunitas balap mobil minta fasilitas serupa. Terlebih selama ini balap liar mobil juga sebenarnya cukup marak digelar di beberapa lokasi di Jakarta.

“Komunitas balap mobil sudah menyampaikan untuk dibuatkan juga karena penggemar balap mobil di Jalan Asal Afrika, Jalan Pemuda, TVRI cukup banyak. Tentu akan kami perhatikan namun untuk balap mobil harus butuh area khusus karena meski panjang trek tapi harus lebih lebar,” terangnya.

Untuk memenuhi keamanan, maka satu lintasan setidaknya memiliki lebar 4 meter. Dengan demikian, bila konsep balap adalah drag race maka lebar jalan minimal 8 meter agar memenuhi standar keamanan.

Tentunya ini akan menjadi sebuah tantangan karena jalan dengan panjang dan lebar sesuai spesifikasi tidaklah banyak. Kalau pun ada, biasanya merupakan jalan utama yang tidak mungkin ditutup.