Street Race Polda Metro Jaya Dipadati Ratusan Pebalap Jalanan

Street Race Polda Metro Jaya edisi latihan bersama (latber) sukses dipadati oleh para pebalap jalanan akhir pekan kemarin

Street Race Polda Metro Jaya Dipadati Ratusan Pebalap Jalanan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Gelaran balap jalanan (street race) yang diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya berhasil mendapat respon positif dari masyarakat meski tidak ada hadiah untuk pemenang. Hal ini terlihat dari banyaknya pebalap ikut serta dalam gelaran perdana di Kawasan Taman Impan Jaya Ancol tersebut.

Dilansir dari NTMC, balap jalanan diikuti 350 peserta dan masih banyak yang mendaftarkan diri secara langsung di lokasi. Hal ini diungkapkan oleh Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

“Animo masyarakat cukup tinggi, 350 pebalap sudah hadir bahkan tadi pagi masih banyak yang daftar langsung. Tapi slotnya masih kita batasi,” kata Sambodo di lokasi penyelenggaraan balap.

Photo : NTMC Polri

Besarnya peminat tersebut membuat Polda Metro Jaya berencana untuk menambah jumlah peserta pada penyelenggaraan berikutnya. Rencananya, balap akan dilangsungkan pada Februari 2022 dengan jumlah peserta lebih besar dan lokasi berbeda.

Adapun pendaftaran Latber Street Race perdana dibuka secara daring melalui portal loket.com serta membayar Rp100 ribu, termasuk tiket masuk kawasan Ancol serta asuransi. Latihan bersama balap jalanan ini menggunakan konsep drag race dengan trek sepanjang 500 meter dan 300 meter untuk pengereman.

Ada tujuh kelas yang digelar saat latihan bersama (Latber) Street Race Polda Metro Jaya. Ketujuh kelas tersebut adalah matik 4 tak, sport 2 tak, kelas sunmori, bebek 2 tak, bebek 4 tak, kelas FFA serta sport 4 tak.

“Jadi ini tajuknya adalah latihan bersama, bukan lomba, makanya kita tidak lihat juara 1, 2, 3. Yang penting mereka bisa narik saja, tidak hitung waktu dan lain-lain,” tambah Sambodo.

Photo : NTMC Polri

Meski hanya latihan, peserta juga tetap harus mematuhi aturan balap dari pihak penyelenggara. Mulai dari penggunaan helm full face serta perlengkapan pelindung tubuh agar menghindari terjadinya cedera bila terjadi kecelakaan.

Latber Street Race Polda Metro Jaya sebenarnya merupakan salah satu terobosan dari Irjen Pol Fadil Imran Kapolda Metro Jaya. Langkah ini dilakukan untuk menjadi solusi atas maraknya balap liar yang dilakukan.

Bahkan penyelenggaraan pun dikabarkan tidak hanya akan dilakukan di Jakarta namun juga di beberapa lokasi lain. Dengan demikian gelaran balap jalanan bisa menjangkau peserta lebih luas dan menjadi wadah para penghobi balap untuk menyalurkan minat serta bakat mereka.

Artikel Terkait