Suzuki Mundur dari MotoGP, Bursa Transfer Bergejolak

Tim pabrikan Suzuki mundur dari MotoGP dengan alasan kesulitan finansial dan hal ini berimbas pada bursa transfer musim depan

Suzuki Mundur dari MotoGP, Bursa Transfer Bergejolak
Photo: MotoGP

TRENOTO – Keputusan tim Suzuki mundur dari MotoGP membuat bursa transfer pembalap saat ini semakin bergairah. Joan Mir dan Alex Rins harus bergegas mencari tim baru agar tetap berkarir di ajang balap motor paling populer di seluruh dunia tersebut.

Kabar ini datang pada saat para pembalap tengah melakukan sesi tes resmi di sirkuit Jerez, Spanyol. Bahkan kabar hengkangnya Suzuki dari ajang MotoGP pada saat kedua pembalapnya akan mendapatkan kontrak baru.

Mir mengatakan usai balapan MotoGP Spanyol 2022 bahwa masa depannya akan segera diputuskan dalam waktu dekat. Sayangnya ucapan juara dunia MotoGP 2020 ini masih terasa mengambang, karena belum diketahui apakah bertahan atau hengkang dari Suzuki.

Pernyataan mengambang dari Mir kemudian disambungkan dengan rumor dengan Honda Racing. Dikabarkan pabrikan sayap mengepak tersebut tengah mengincar sang pembalap asal Spanyol tersebut.

Photo : MotoGP

Hanya saja selain Mir, masih ada beberapa nama lain seperti Jorge Martin dan Enea Bastianini. Namun kans Honda dikatakan lebih mengarah pada Mir.

Seperti dilansir Motorsport.com, Honda membutuhkan sosok pembalap baru yang diharapkan bisa menguasai RC213V. Proyek terbaru mereka dikatakan sulit diadaptasi oleh dua ridernya saat ini.

Sejak awal musim, Marc Marquez yang dikenal agresif dan cepat beradaptasi terlihat kesulitan menguasai motor. Hingga seri kelima MotoGP 2022, kakak kandung dari Alex Marquez tersebut masih sulit menembus barisan terdepan.

Setelah kabar Suzuki akan hengkang di akhir musim, pada sesi tes resmi yang dimulai Senin (02/04), tim berkelir Biru muda ini tidak menguji komponen baru.

Dikatakan mereka hanya mencoba beberapa setingan baru untuk menyiasati kelemahannya selama menjalani musim 2022.

“Saya kira ada seedikit pekerjaan yang dilakukan oleh set up saat ini. Perangkat baru selalu disambut, tapi masih ada pekerjaan yang mesti dituntaskan,” ucap Mir seperti dikutip Motorsport.

Photo : MotoGP

Berbeda dengan Mir, nasib rekan satu timnya yakni Alex Rins masih abu-abu alias belum jelas setidaknya untuk musim depan. Belum ada tim yang dikatakan hendak untuk meminang Rins untuk tahun depan.

Suzuki dikabarkan mundur dari MotoGP karena alasan finansial. Namun hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Suzuki.