Suzuki Resmi Hengkang dari MotoGP, Joan Mir Marah

Suzuki resmi hengkang dari MotoGP akhir musim ini dan keputusannya mendapat reaksi keras dari salah satu pembalapnya

Suzuki Resmi Hengkang dari MotoGP, Joan Mir Marah
Photo: Motogp

TRENOTO – Suzuki Resmi Hengkang dari MotoGP setelah keluarnya pernyataan dari SMC (Suzuki Motor Corporation) Kamis, 12 Mei 2022. Pengumuman resminya keluar jelang MotoGP Perancis akhir pekan ini.

Kabar hengkangnya Suzuki dari MotoGP sebenarnya sudah berhembus sejak awal bulan. MotoGP dibuat gempar oleh kabar tersebut khususnya seluruh tim Suzuki Ecstar.

Mendengar kabar tersebut, Dorna mewanti-wanti Suzuki agar patuh terhadap kontrak. Merek asal Jepang ini masih terikat dengan Dorna hingga akhir 2026.

Namun hal tersebut tidak mengubah pendirian mereka. Suzuki tetap ingin hengkang dari MotoGP dikarenakan krisis ekonomi global akibat Covid-19.

Bahkan mereka juga berniat untuk cabut dari seluruh ajang balap di luar MotoGP. Diketahui bahwa mereka baru saja memenangkan gelar balap ketahanan.

Joan Mir Marah

Mengenai kabar resmi dari Suzuki resmi hengkang dari MotoGP, mendapat reaksi keras dari salah satu pembalapnya. Joan Mir adalah pembalap yang marah karena keputusan tersebut.

Photo : MotoGP

“Saya marah betul dengan keputusan ini. Tim sangat hebat, salah satu tim spesial di paddock dan orang-orang yang bekerja di sini membuat sangat spesial,” tutur Mir seperti dikutip Autosport.

Sebagai pembalap yang berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP bersama Suzuki, Mir tentunya merasa paling emosional dengan kabar hengkangnya brand bermarkas di Hamamatsu, Jepang.

Terlebih musim ini, Suzuki mulai bangkit melalui kedua pembalapnya. Alex Rins dan Joan Mir terus menujukkan perkembangan positif setiap balapan.

“Saya datang ke sini empat tahun lalu, tapi sudah banyak yang bekerja di sini sebelum saya. Mereka bekerja keras untuk jadi juara dunia 2020, lalu posisi ketiga di klasemen manufaktur musim lalu,” lanjut Mir.

Photo : MotoGP

Suzuki pada era Joan Mir dikatakan selalu fokus untuk bersaing di jalur juara dunia. Salah satunya ditunjukkan dengan merekrut Livio Suppo yang memiliki andil dari hadirnya juara dunia MotoGP seperti Marc Marquez dan Casey Stoner.

Berikut Pernyataan Resmi Suzuki

“Suzuki Motor Corporation sedang dalam diskusi dengan Dorna soal kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP akhir 2022. Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan memfokuskan usaha pada perubahan-perubahan besar, memaksa kami mengalihkan biaya dan sumber daya manusianya,” tulis siaran resminya.

Artikel Terkait