Yamaha Gunakan Winglet Mirip Ducati

Melakukan tes resmi di Valencia beberapa waktu lalu, Yamaha gunakan winglet mirip Ducati pada fairing motornya

Yamaha Gunakan Winglet Mirip Ducati
Photo: Twitter

TRENOTO – Menjalani sesi tes di Valencia beberapa waktu lalu, Yamaha gunakan winglet mirip Ducati. Benda kecil yang berfungsi meningkatkan aerodinamika kendaraan tersebut memberikan pengaruh pada handling.

Mendengar kata winglet tentunya identik dengan Ducati di MotoGP. Pabrikan motor asal Italia tersebut merupakan salah satu pelopor penggunaan benda ini.

Motor Ducati yang terkenal kencang di trek lurus, namun tidak bisa berkutik saat memasuki tikungan. Setidaknya hal ini dikeluhkan oleh beberapa pembalapnya sehingga menjadi kelemahan Ducati paling serius.

Photo : Twitter

Masuk beberapa nama-nama teknisi tenar di Ducati memberikan warna baru pada tampilan motor. Sentuhan yang terlihat dan menjadi pembeda adalah winglet disematkan pada fairing.

Benda kecil tersebut terbukti mampu membuat laju Ducati semakin stabil, khususnya di tikungan. Kuda besi asal negeri Pizza ini terlihat lebih lincah saat masuk maupun keluar tikungan.

Suksesnya Ducati yang menggunakan winglet pada motornya membuat pabrikan lain ikut mencobanya. Bahkan MotoGP 2022 seluruh motor sudah menggunakan winglet.

Bentuk winglet sendiri berbeda-beda setiap pabrikan. Meskipun peruntukkannya sama, namun setiap manufaktur memiliki spesifikasi masing-masing.

Baca juga : Alex Rins Menang, Bagnaia Juara Dunia MotoGP 2022

Membahas winglet pada Yamaha merupakan hal yang berbeda. Karena pabrikan motor berlambang garpu tala tersebut dikenal memiliki motor paling pelan di MotoGP.

Para pembalap Yamaha tidak jarang mengeluhkan performa mesin Yamaha YZR-M1 susah bersaing dengan kompetitor. Hanya Fabio Quartararo yang berhasil menutup kelemahan kendaraan selama ini.

Meskipun sudah menggunakan berbagai cara untuk memperbaiki performa kendaraan, Yamaha tetap tidak bisa berkutik menghadapi kompetitor.

Walhasil Quartararo harus kehilangan gelarnya musim ini dari Francesco Bagnaia. Rider asal Perancis tersebut hanya memenangkan tiga balapan selama satu musim.

Photo : Twitter

Untuk mengembalikkan dan merebut kembali titel pada musim depan, Yamaha melakukan serangkaian uji coba. Pada sesi tes di Valencia beberapa waktu lalu, mereka menguji berbagai komponen termasuk winglet.

Menjadi menarik karena winglet yang digunakan pada fairing Yamaha terlihat mirip dengan milik Ducati. Terdapat dua kotak besar pada fairing bagian atas motor.

Selain winglet, mereka juga memboyong mesin baru dan sasis untuk diuji para pembalapnya. Sayangnya kedua pembalap masih belum puas dengan pengembangan motor.

“Ini adalah tes yang aneh, kami mencoba paket aerodinamis, sasis dan mesin, tapi kami harapkan lebih dari ini. Saya merasa ada perbedaan dari sesi tes sebelumnya,” ucap Fabio Quartararo dikutip dari laman resmi Monster Energy Yamaha MotoGP.

Artikel Terkait